DKI Buka Lowongan 1.151 Calon PNS

Suasana tes penerimaan CPNS beberapa waktu silam.
Sumber :
  • Arif Kurniawan | Surabaya Post

VIVAnews - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), I Made Karmayoga, menyebutkan sesuai dengan keputusan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB), pendaftaran pegawai negeri di DKI Jakarta akan dibuka mulai dari tanggal 1-20 September 2013.

Menurut Made, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tahun ini mengusulkan menerima 1.151 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Penerimaan PNS tahun ini akan difokuskan untuk tiga bidang di antaranya untuk tenaga Medis, Guru dan Teknis / Admistrasi Umum.

Tetapi kata Made, usulan penetapan tersebut hingga kemarin belum mendapatkan persetujan formasi dari Kemenpan dan RB. Sehingga meskipun kemarin sudah masuk tanggal yang sudah dijadwalkan pendaftaran, tetapi masih belum dibuka.

"Menpan dan RB belum keluar penetapannya. Artinya usulan kami belum ada persetujuan. Mungkin hari ini," kata Made, Senin 2 September 2013.

Disampaikan Made,  dari kuota sebanyak 1.151 CPNS itu, yang diusulkan oleh Pemprov DKI sebanyak 25 Persen untuk tenaga pendidik, 35 persen untuk tenaga kesehatan dan 45 persen untuk Tenaga Teknis/ Administrasi Umum.

Sementara formasi yang ada di Kemenpan dan RB porsinya 20 persen, 30 persen dan 50 persen. Kata dia, jika keputusan dari Kemenpan dan RB keluar hari ini maka akan langsung dilaporkan kepada Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo.

Kemudian Badan Kepegawaian Daerah akan langsung membuat pengumuman kepada masyarakat melaui website jakarta.go.id

"Nanti kalau penetapannya keluar hari ini, kami langsung lapor ke Pak Gubernur dan baru nanti persiapan pengumuman. Tergantung hari ini jam berapa keluarnya. Kalau tidak hari ini yah tanggal 3 September," katanya.

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Syarat Ikut CPNS

Made menuturkan, persyaratan untuk mengikuti CPNS itu sendiri di antaranya harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), Ijazah sesuai dengan kategori yang dilamar, transkrip nilai dan TOEFL minimal 400.

"Kemudian untuk KTP ini masih dibahas. Apakah dari luar DKI bisa ikut mendaftar atau tidak. Nanti diputuskan menjelang pengumuman seleksi," ucap dia.

Made menambahkan, setelah ada pengumuman seleksi CPNS itu. Masyarakat bisa mendaftar melalui dua jalur yakni jalur online melalui website http://www.rekruitmen.jakarta.go.id dan secara manual melalui PO BOX.

Pemrov DKI tidak menerima pendaftaran secara manual dengan cara mendatangi kantor BKD di Balai Kota, Jakarta.

"Kami tidak menerima pendaftaran secara langsung datang ke kantor BKD. Hanya dibuka jalur konvensional dan online," jelasnya.

Seperti diketahui, di bawah Pemerintahan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, moratorium pengangkatan PNS sudah dicabut.

Seleksi menjadi PNS DKI Jakarta saat ini dibagi menjadi dua yaitu pertama, tes umum yang akan dilaksanakan bulan September 2013. Kemudian seleksi pegawai honorer yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2013. (eh)

Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah
Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Gedung Konser Moskow (Doc: X)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Amerika Serikat (AS) disebut toleh Rusia elah mengambil tindakan terburu-buru dengan menyalahkan kelompok teror ISIS, atas teror di Moskow.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024