Dilaporkan Warga Waduk Pluit ke Polda, Ini Penjelasan Jokowi

Penggusuran Pemukiman di Bantaran Waduk Pluit
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Warga sekitar Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, yang terkena gusuran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ke Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK), Polda Metro Jaya, Selasa 27 Agustus 2013. Pelaporan itu terkait adanya kekerasan saat penggusuran rumah di Waduk Pluit.

Saat dikonfirmasi, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mengaku sebelum penggusuran itu sudah mewanti-wanti Kepala Satpol PP supaya tidak ada gesekan saat eksekusi lahan.

"Kalau yang dilaporan ke saya warga sudah mau semua dipindah. Tentu saja yang saya tekankan ke Satpol PP maupun aparat agar persuasif. Kalau di lapangannya saya kan tidak nungguin," kata Jokowi di Balai Kota Jakarta.

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

Seharusnya, kata dia, jika instruksi dilaksanakan, maka gesekan seperti itu bisa dihindari. "Jangan sampai ada benturan, harus bicarakan baik-baik. Tapi Kota ada aturannya, waduk tidak boleh untuk pemukiman," ucapnya.

Sebagai solusinya, Jokowi akan mengumpulkan semua laporan terkait penggusuran yang berakhir ricuh itu. (eh)

Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten didukung DPRD Provinsi Banten dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menggelar acara buka bersama di Park Serpong pada Rabu, 27 Maret 2024

Park Serpong Jadi Lokasi Bukber Dispar Banten, Intip Potensi Bisnis dan Kontribusinya ke Daerah

Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten didukung DPRD Provinsi Banten dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menggelar acara buka bersama di Park Serpong.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024