Pegiat Pers Mahasiswa UNJ Dipukuli Karena Tulisan

Demo wartawan
Sumber :
  • ANTARA/Asep Fathulrahman

VIVAnews - Pegiat Lembaga Pers Mahasiswa Didaktika Universitas Negeri Jakarta (UNJ) diintimidasi sejumlah mahasiswa dari salah satu fakultas di perguruan tinggi yang terletak di Jakarta Timur itu. Intimidasi itu dipicu sebuah berita yang ditulis Didaktika mengenai kasus perkelahian yang terjadi antara mahasiswa dua fakultas.

Jumat, 23 Agustus 2013, pukul 12.00, lima mahasiswa dari salah satu fakultas yang diberitakan, mendatangi sekretariat Didaktika. Lima orang ini menilai, berita tersebut tidak objektif. Tawaran dari Didaktika untuk memuat hak jawab pun tidak ditanggapi mereka, malah mengajak Pemimpin Umum Didaktika Satriono Priyo Utomo untuk berkelahi. Ketika Chairul Anwar yang menulis berita hadir, dia pun dipukuli namun akhirnya dilerai oleh sejumlah aktivis mahasiswa lainnya.

Menurut Didaktika, dalam berita yang ditulis di lamannya, setelah dipisahkan oleh beberapa pihak, lima mahasiswa dari sebuah fakultas itu pun meninggalkan Sekretariat Didaktika dengan meninggalkan ultimatum yang disampaikan secara lisan, “kami menunggu permintaan maaf Didaktika dalam  24 jam. Bila tidak dilakukan, Sekretariat Didaktika akan kami bakar!”

Sorenya, pegiat Didaktika berdialog dengan seorang staf pembantu rektor UNJ bersama dengan mahasiswa-mahasiswa yang melakukan penyerangan. Staf tersebut, menurut Didaktika, terkesan menyudutkan. Namun forum berakhir dengan kesepakatan Didaktika meminta maaf secara lisan kepada mahasiswa di fakultas tersebut dan memberikan hak jawab pemberitaan. Namun kejadian pemukulan, menurut Didaktika, malah menguap.

Namun sebelum sempat Didaktika melakukan hasil rapat itu, keadaan di UNJ semakin panas. Di depan sebuah gedung, bahkan sudah terpasang spanduk yang menuntut pembubaran lembaga pers mahasiswa yang sudah berusia lebih dari 40 tahun itu.

"Maka, kami memutuskan diri untuk segera mengungsi dengan membawa beberapa barang-barang serta arsip Didaktika ke tempat yang dianggap aman, hingga keadaan kembali kondusif. Rencana pertemuan dengan PR III dan Rektor Senin, 26 Agustus, sedang diusahakan."

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

Sementara itu, Universitas Negeri Jakarta telah mengklarifikasi konflik antara mahasiswa Fakultas Ilmu Kelolahragaan dengan pegiat Lembaga Pers Mahasiswa Didaktika pada Sabtu malam, 24 Agustus 2013.

Kepala Humas UNJ, Widya Paramita, Sabtu 31 Agustus mengatakan, konflik terjadi diawali dari komplain mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan terhadap berita yang dinilai tak berimbang.

Penjelasan selanjutnya dari UNJ bisa dibaca di artikel lain

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024
Nassar

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Rekan-rekan artis Nassar ikut merasa berduka, salah satunya adalah Inul Daratista.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024