Jokowi: Tarif Kebun Binatang Ragunan Paling Murah di Indonesia

Puncak Liburan Lebaran
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengaku akan terus meningkatkan fasilitas di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan. Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengatakan untuk mengurus hewan yang ada di kebun binatang dibutuhkan dana tidak sedikit. Sementara, kata dia, tarif masuk kebun binatang hanya Rp4.000 per orang.

"Di sana masih banyak yang kurang, nantilah bulan Oktober akan ada public hearing," kata Jokowi di Balai Kota, Jakarta, Kamis 22 Agustus 2013.

Menurutnya ada dua opsi agar Kebun Binatang Ragunan bisa terpelihara dengan baik. Dua opsi itu adalah menaikkan tarif masuk atau memberikan subsidi agar hewan-hewan yang ada di sana bisa terawat dengan baik. "Itu masalah pemeliharaan hewan. Akan kami perbaiki, semuanya harus gemuk-gemuk," ucap Jokowi.

Viral! Oknum Polisi Diduga Aniaya Istrinya, Ini Kata Polda Sumatera Utara

Jokowi membandingkan tarif masuk Kebun Binatang Ragunan dengan beberapa kebun binatang yang ada di Indonesia. Menurutnya, Kebun Binatang Ragunanlah yang tarif masuknya paling murah. Kata dia, di tempat lain paling murah Rp20 ribu sekali masuk.

"Tapi yang namanya di Cisarua saja Rp140 ribu, di Surabaya kalau tidak keliru Rp20 ribu di Bandung Rp20 ribu. Masa di Jakarta Rp4 ribu," katanya.

Ketua Dewan Pengawas Taman Margasatawan Ragunan, Hashim Djojohadikusumo, menuturkan ada beberapa opsi yang bisa ditawarkan untuk pembenahan Kebun Binatang Ragunan. Apakah mau dijadikan tempat wisata eksklusif atau tempat wisata yang merakyat.

Maka dari itu, kata Hasyim, pada 3 Oktober 2013 mendatang akan dilakukan public hearing terkait pembenahan Kebun Binatang Ragunan.

"Masyarakat DKI maunya apa dengan Ragunan. Kami mau buat yang berkelas internasional seperti di Singapura, San Diego, Washington. Kami buka masukan dari masyarakat," ucapnya.

Apabila ingin menjadi kelas tempat wisata kelas atas maka harga tiket masuknya pun harus dinaikkan. "Harga tiket Rp4.000 sejak tahun 2003, sudah hampir 10 tahun. Kami sudah tahu kenaikan inflasi berapa, kenaikan bahan bakar minyak sudah berapa kali. Tapi harga tiket tetap sama," kata dia. (eh)

Sama-sama dari Luar Kota, Anies-Cak Imin Baru Silaturahmi Lebaran di H+6 Idul Fitri
Marc Marquez

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

Pembalap Gresining Racing, Marc Marquez kehilangan kesempatan naik podium pada MotoGP Amerika 2024 di Sirkuit Austin, Texas, Minggu 14 April 2024. Federal Oil percaya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024