86 Persen SKPD Kesehatan Raih ISO

VIVAnews - 86 persen satuan kerja perangkat daerah (SKPD) bidang kesehatan di jajaran Dinas Kesehatan DKI mendapatkan sertifikasi ISO 9001/2000.

Pemberian sertifikasi ISO ini dilakukan untuk meningkatkan mutu kualiatas penyedia jasa kesehatan.

Akademi Keperawatan (Akper) Jayakarta, merupakan satu lembaga pendidikan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendapatkan sertifikat ISO 9001/2000 untuk Sistem Manajemen Mutu.
 
"Akper Jayakarta merupakan satu-satunya lembaga pendidikan keperawatan di Indonesia yang menerima ISO dari badan internasional yaitu PT SGS," ujar Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emawati di Balaikota, Rabu 25 Maret 2009.

Dien menerangkan penyerahan sertifikat ISO 9001/2000 kepada Akper Jayakarta merupakan suatu prestasi atas kerja keras seluruh mahasiswa, tenaga pengajar dan para stafnya.

"Sertifikat ini telah didapatkan sejak bulan Agustus 2008. Dan dapat dipertahankan Akper Jayakarta," kata Dien Emmawati usai penyerahan sertifikat ISO 9001/2000 dari Managing Director PT SGS Indonesia Guy Escarfail kepada Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.
 
Proses penilaian sistem manajemen mutu bidang kesehatan di jajaran Diskes DKI, Dien mengungkapkan telah dimulai tahun 2002.

Prestasi gemilang diraih pada Juni tahun 2003 yakni tersertifikasinya pertama kali di Indonesia Puskesmas Kecamatan. Salah satunya Puskesmas Kecamatan Kramatjati.
 
Hingga saat ini, di jajaran Dinas Kesehatan  DKI sudah 86 persen SKPD telah mendapat sertifikasi ISO 9001/2000.
Diantaranya 42 dari 44 puskesmas kecamatan mendapatkan sertifikasi tersebut. Dua puskesmas yang belum tersertifikasi yaitu Puskesmas Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dan Kepulauan Seribu Selatan.
 
Sebanyak lima dari enam suku dinas (sudin) telah menerima sertifikat internasional itu. Satu sudin yang belum mendapatkannya yakni Sudin Kesehatan Kepulauan Seribu.

Kemudian, tiga dari enam rumah sakit umum daerah (RSUD) sudah tersertifikasi yakni RSUD Duren Sawit, RSUD Pasar Rebo dan RSUD Koja. Sedangkan yang belum RSUD Tarakan, RSUD Cengkareng dan RSUD Budi Asih.

Untuk unit pelayanan teknis (UPT), baru 2 dari 4 UPT yang sudah tersertifikasi ISO yaitu UPT Laboratorium Kesehatan Daerah dan Akper Jayakarta.
 
"Sertifikasi ISO ini untuk meningkatkan manajemen mutu pelayanan di tingkat kesehatan masyarakat Jakarta. Dan itu sudah mulai kelihatan hasilnya dengan meningkatnya umur harapan hidup masyarakat Jakarta menjadi 26 tahun dan menurunnya angka kematian bayi dan ibu," ujar Dien.
 
Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyatakan bagi Provinsi DKI Jakarta yang sedang berusaha mewujudkan Jakarta Sehat 2025, penyerahan sertifikat ISO ini merupakan prestasi yang luar biasa dalam bidang kesehatan.

Hal itu berarti sektor kesehatan sangat penting dan strategis dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Jakarta yang sehat, layak dan manusiawi.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng
(Tengah) Anggota Komisi C DPRD DKI, Esti Arimi Putri

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta, Esti Arimi Putri menilai pentingnya upaya pemberdayaan daya beli terhadap semua golongan demi mengendalikan inflasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024