METRO

Normalisasi Waduk Pluit Selesai Akhir 2014

Saat ini rumah penduduk di sisi timur Waduk Pluit belum dibongkar.

ddd
Rabu, 21 Agustus 2013, 13:05
Pengerukan Waduk Pluit
Pengerukan Waduk Pluit (VIVAnews/Fernando Randy)
VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih merampungkan pengerjaan normalisasi Waduk Pluit di Penjaringan, Jakarta Utara. Waduk tersebut merupakan jantung penampungan air di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mengatakan pengerjaan itu dilakukan secara bertahap. Diharapkan akhir 2014 mendatang normalisasi Waduk Pluit rampung secara keseluruhan. "Tahun depan nanti sudah rampung. Insya Allah beres," kata Jokowi di Balai Kota, Jakarta, Rabu 21 Agustus 2013.

Normalisasi yang dimulai pada April 2013 lalu itu dimulai dengan pengerukan pinggiran waduk menggunakan eskavator. Rumah warga yang berada di sisi barat atau daerah Taman Burung ikut dibongkar.

Selain pemukiman warga, lapangan futsal, tempat penampungan barang rongsokan dan beberapa bengkel yang dibangun di atas lahan milik Pemprov DKI juga dihancurkan.

Saat ini rumah penduduk di sisi timur Waduk Pluit belum dibongkar. Penggusuran masih menunggu pembangunan Rumah Susun Muara Baru, selesai. Targetnya rumah susun itu diselesaikan secara keseluruhan Maret 2014 mendatang.

Rumah susun Muara baru itu sendiri totalnya terdiri dari delapan blok. Jika pembangunan blok rusun Muara Baru itu sudah ada yang selesai, maka warga yang berada di sisi timur langsung dipindahkan secara bertahap.

Jokowi menargetkan Desember 2013 mendatang sudah ada tower yang selesai. "Akhir tahun ini dimulai lagi. Warganya mulai masuk rusun. Mungkin Maret 2014. Kalau rusun (muara Baru) selesai, relokasi warga itu juga selesai," ucap Jokowi.

Jokowi menuturkan, setelah relokasi warga di sisi timur selesai dilakukan, tahap selanjutnya dilakukan penataan tata ruang. Di antaranya ruang terbuka hijau, instalasi pengolahan air limbah. Dan tentunya pengerukan waduk itu sendiri.

Kini penataan Waduk Pluit yang sudah diselesai digarap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hanya di sisi barat. Di sana juga sudah dilakukan turab atau pengerukan waduk dan endapannya dijadikan tanggul pinggiran Waduk Pluit. Di sisi barat juga sudah dilakukan penghijauan taman walapun itu baru beberapa ratus meter saja. (umi)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
djokoprawiroatmodjo
22/08/2013
si cukong Teddy yg hasut org2 dan berani ke rmh Ahok bawa pamannya gmn tuh kabarnya? Uda hanyut kelaut atau buka bisnis di papua?
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com