Waduk Ria Rio Juga akan Disulap Seperti Marina Bay

Taman Waduk Pluit
Sumber :
  • ANTARA/Nizar Arsyadani
VIVAnews
Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia
- Pemerintah DKI Jakarta berencana menyulap waduk Ria Rio seperti Marina Bay di Singapura. Penataan waduk-waduk di Jakarta dilakukan untuk mengatasi permasalah banjir, seperti yang telah dilakukan terhadap waduk Pluit.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama mengatakan, waduk-waduk di Jakarta harus difungsikan dengan baik untuk membebaskan Jakarta dari banjir.
BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023


"Kalau akan melakukan normalisasi sungai dan mengatasi banjir, kita harus bisa menampung sebanyak mungkin air dan bukan dibuang. Jadi waduk-waduk itu harus difungsikan," jelas Ahok, Jumat 16 Agustus 2013.


Menurut Ahok, sejak zaman penjajahan Belanda, waduk-waduk yang ada di Jakarta terhubung satu sama lain. Tujuannya agar air bisa dengan mudah dikontrol.


"Waduknya jadi dangkal dan ditempati rumah. Gawatnya lagi orang-orang miskin di sekitar waduk bukan pemilik rumah itu, mereka sewa," katanya.


Setelah normalisasi Waduk Pluit, kini Pemprov DKI Jakarta berencana akan melakukan normalisasi terhadap Waduk Ria Rio yang berada di kawasan Pulomas Jakarta Timur. Proses normalisasi akan dimulai tahun depan.  "Design sudah ada, dan itu PT Jakpro yang akan kerjakan. Tahun depan mulai," jelasnya.


Ahok menambahkan bahwa sebagian lahan di waduk Ria Rio adalah milik Pemprov dan sebagian lagi masih dalam rencana untuk dibeli Pemerintah. Warga yang nantinya terkena imbas normalisasi akan direlokasi ke rumah susun.  "Ya rusun-rusun juga, bisa di Pulogebang, bisa di Marunda tergantung," katanya.


Ahok sedikit menambahkan bahwa nantinya selain normalisasi, Pemprov juga berencana membuat taman untuk publik, seperti yang dilakukan di waduk Pluit. (umi)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya