Jokowi Bersama Ribuan Anggota TNI Bersihkan Ciliwung

Jokowi bersihkan Ciliwung bersama TNI AD
Sumber :
  • VIVAnews/Taufik Rahadian

VIVAnews – Mabes TNI Angkatan Darat bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan pembersihan kali Ciliwung, Rabu 14 Agustus 2013. Dalam kegiatan ini, 8.000 personel gabungan dari TNI dan Pemprov DKI diterjunkan.

Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal Moeldoko, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di Jakarta. “Kami dari Angkatan Darat akan memberikan bantuan pikiran dan fisik dalam mengatasi kesulitan Pemda dan masyarakat, walau ini hanya bantuan kecil,” ujar Moeldoko di Jembatan Lama, Kalibata, Jakarta.

Moeldoko berharap dengan adanya pembersihan ini, Sungai Ciliwung nantinya dapat dimanfaatkan dengan baik. “Kalau di luar negeri, sungai itu menjadi peluang dan kekuatan, tapi di sini menjadi ancaman banjir,” katanya miris.

Moeldoko mengatakan, dua bulan lalu instansinya juga melakukan kegiatan serupa di Surabaya dan Kalimantan. “Sama-sama dilakukan dengan skala besar, melibatkan 10 ribu personel. Kami sepakat dengan Gubernur DKI kegiatan ini harus dilakukan terus-menerus,” ujar dia.

Acara pembersihan sungai ini dihadiri oleh KSAD Jenderal Moeldoko, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, serta Wakil Menteri Pekerjaan Umum Achmad Hermanto Dardak.

Google Launches No-cost AI Training Course for Teachers

Acara dimulai dengan melakukan penanaman pohon oleh KSAD dan Jokowi di pinggir Sungai Ciliwung di daerah Jembatan Lama, Kalibata. Rombongan kemudian menyusuri sungai dengan perahu karet. (eh)

Aksi Pro-Palestina di Inggris (Doc: The New Arab)

Deretan Kampus Bergengsi di Inggris Gelar Kemah Pro-Palestina

Mahasiswa di lima universitas elite di Inggris mendirikan perkemahan pro-Palestina, pada Rabu, 1 Mei 2024, ketika protes internasional atas perang Israel di Gaza meluas.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024