Pemkot Depok: Mobil Dinas Boleh Dibawa Mudik

Mobil dinas DPRD Bantul AB 25 B yang dipakai mencuri
Sumber :
  • VIVAnews/ Juna Sanbawa

VIVAnews - Berbeda dengan beberapa daerah lainnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memberikan izin para pegawainya menggunakan mobil dinas untuk mudik lebaran.   

Kebijakan ini bukanlah kali pertama diberlakukan Pemkot Depok. pada tahun-tahun sebelumnya, Pemkot Depok juga telah mengizinkan para pegawainya untuk menggunakan mobil dinas saat berlebaran. Namun dengan catatan, pengguna/pemakai mobil tersebut harus bertanggungjawab penuh atas kendaaraan dinas tersebut.

“Tidak boleh disewa atau dipinjam kepada yang bukan PNS Depok. Dan perlu ditekankan, jika terjadi kerusakan tanggungjawab si pemakai. Ya peraturan ini sama seperti tahun sebelumnya,” ucap Wakil Walikota Depok Idris Abdul Somad pada wartawan, Rabu 31 Juli 2013

Sedikitnya, terdapat 17 kepala dinas dan 11 camat yang memegang mobil dinas di lingkungan Pemerintah Kota Depok. “Jangan juga mengganti pelat merah menjadi pelat hitam,” tandas Idris.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja, juga mengatakan para PNS boleh menggunakan mobil dinasnya untuk mudik dengan catatan apabila rusak diganti dengan biaya sendiri.

"Saya pribadi sih oke saja pakai mobil dinas. Tapi kalau dipakai ada yang rusak, ganti sendiri gitu saja," kata Ahok.

Menurutnya, jika penggunaan mobil dinas saat mudik dilarang justru dikhawatirkan menimbulkan tindak korupsi untuk membeli mobil baru.

"Jadi dulu waktu saya jadi Bupati Belitung juga bilang begitu, Sabtu-Minggu tidak boleh pakai mobil dinas, kawinan juga tidak boleh. Saya bilang kamu mendukung pejabat-pejabat mendukung melakukan korupsi beli mobil lagi. Kenapa tidak boleh pakai, saya bilang," ucap Ahok.

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Sementara itu, Komisi Pemberantasan Korupsi melarang pejabat dan pegawai negeri sipil (PNS) .

Wakil Ketua KPK, Busyro Muqoddas, menghimbau masyarakat untuk melaporkan lewat media jika ada PNS yang menggunakan mobil atau sepeda motor plat merah untuk mudik.

"Mobil dinas itu kan untuk keperluan pelayanan masyarakat, bukan untuk kepentingan pribadi pejabat," kata Busyro di kantor KPK, Jakarta. (eh)

Fashion Photoshoot Project Volume 5

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Event yang diselenggarakan oleh Fashion Crafty Jakarta menampilkan pertemuan yang menginspirasi antara desainer mode, fotografer, makeup artist, dan fashion stylist.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024