"Jangan Sampai Menara 'Miring' Saidah Roboh"

Menara Saidah, MT Haryono, Jakarta Timur
Sumber :
  • VIVAnews/Taufik Rahadian

VIVAnews - Bangunan bernuansa romawi itu masih terlihat megah. Meski kini keadannya sudah tidak terawat. Dua buah buah patung Julius Caesar serta dua patung singa tepat di pintu masuk, sudah kehilangan kegagahannya. Patung tersebut sudah terlihat kusam tidak terurus.

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Baca juga,

Ada 12 pilar berwana hijau yang berdiri kokoh di depan lobi. Beberapa catnya sudah mulai pudar dan mengelupas. Tanaman liar yang tumbuh tidak terawat di sekeliling gedung seakan menegaskan bahwa gedung ini sudah lama ditinggalkan.

Gedung yang terletak di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur, itu memang sudah lama tak 'berpenghuni'. Lia (49), seorang pedagang di dekat Menara Saidah, mengatakan gedung tersebut sudah lama tidak digunakan.

Menurutnya gedung itu sudah kosong ketika dia baru pindah ke daerah belakang Menara Saidah pada 2007 silam. "Kosongnya ada sekitar enam tahun lah, pokoknya habis lebaran tahun 2007," kata Lia.

Meski sudah tidak dipakai, pelataran gedung ini masih sering dimanfaatkan untuk Salat Ied. Kata dia, pemilik gedung sering ikut Salat Ied di sana. "Usai Salat Ied suka bagi-bagi uang ke warga sekitar," ujarnya.

Dia menyayangkan bangunan yang menjulang tinggi itu tidak lagi terpakai. Hingga saat ini masih ada petugas keamanan yang mengawasi gedung. Petugas hansip daerah sekitar terkadang ikut mengawasi karena sering terjadi pencurian. "Di dalam katanya masih ada barang-barangnya," ucap Lia.

Soal posisi gedung yang dikabarkan miring, Lia mengatakan orang-orang disekitar juga mengatakan serupa. Bahkan banyak warga yang mengkhawatirkannya. Namun dia tidak merasa gedung tersebut mengalami kemiringan. "Kata orang-orang sih gitu (miring), saya sih tidak merasa. Tapi ya jangan sampai roboh juga, kalau roboh semua kena," kata dia.

Sementara itu, salah satu penjaga gedung, Ramon (38), mengaku tidak mengetahui sejarah gedung ini sebab belum lama bekerja sebagai penjaga gedung. "Saya baru enam bulan bekerja di sini, saya kurang tahu soal gedung ini," ujarnya.

Ramon menambahkan, gedung ini sudah tidak terpakai dan dalam keadaan terkunci. Pemilik gedung kerap datang untuk melihat-lihat keadaan dan manyuruhnya melakukan bersih-bersih. "Biasanya menjelang lebaran, bos suka datang. Ya saya paling bersih-bersih gedung," ucap Ramon.

Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah

Gedung kosong ini juga sempat ditawarkan untuk jadi (umi)

Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Gedung Konser Moskow (Doc: X)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Amerika Serikat (AS) disebut toleh Rusia elah mengambil tindakan terburu-buru dengan menyalahkan kelompok teror ISIS, atas teror di Moskow.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024