METRO

Tak Sanggup Kelola Sampah, DKI Akan Libatkan Swasta

"Dari 100 titik lebih, kami lihat 57 titik yang bisa dikerjasamakan."

ddd
Senin, 29 Juli 2013, 13:26
Tumpukan sampah di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan
Tumpukan sampah di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

VIVAnews - Sampah di Ibu Kota terus bertambah setiap harinya. Ini membuat Pemerintah Provinsi DKI pusing dalam mengelolanya, sehingga harus membuat konsep pengelolaan baru.

Kepala Dinas Kebersihan, Unu Nurdin, mengatakan mulai tahun depan Pemprov DKI akan melibatkan swasta dalam pengelolaan sampah.

"Ke depan kami tidak akan sanggup tangani sampah sendiri. Kami harus melibatkan swasta. Kami sedang siapkan konsepnya, sudah ada swasta yang mau," kata Unu Nurdin, di Balai Kota, Jakarta, Senin 29 Juli 2013.

Menurut Unu, volume sampah Jakarta terus bertambah setiap hari seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk. Karena itu tidak efisien bila sampah dikelola sendiri.

Ia mengaku sudah melakukan riset titik lokasi pengeloaan sampah baru yang akan dikerjasamakan. "Dari 100 titik lebih, kami lihat ada 57 titik yang bisa dikerjasamakan. Ini untuk tahap pertama."

Namun saat ditanya titik mana saja ia belum bisa menjelaskan. "Kami tidak publish dulu. Sebelum disepakati Pak Gubernur dan Pak Wakil. Ini terkait dengan investor yang siap mengelola samapah di titik ini," katanya.

Dinas Kebersihan, kata dia, telah menyusun konsep kerjasama dan data 57 titik pengolahan sampah swasta. "Kami akan ajukan beberapa pekan ke depan," katanya. (eh)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id