Ahok: DPRD Bikin Pansus Biar Dapat Honor

Gubernur DKI Basuk Tjahaja Purnama
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, telah membentuk Panitia Khusus Mass Rapit Transit. Dewan juga akan membuat Pansus monorel. DPRD menganggap pembentukan Pansus sangat penting agar dua proyek transportasi massal di Ibu Kota itu dapat terlaksana dengan baik.

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama, mengaku tidak mempermasalahkan adanya Pansus itu. "Bagus, DPRD kan sukanya Pansus. Ya kan biar dapat honor Pansus. Pansus ada honor kan," kata Ahok sembari tertawa saat ditanyai wartawan di Balai Kota, Rabu 17 Juli 2013.

Menurut dia, itu semua berdasarkan pengalamannya saat menjadi anggota DPRD Belitung Timur dan Komisi II DPR. Para wakil rakyat selalu membentuk Pansus untuk setiap program yang dilaksanakan oleh pemerintah (eksekutif).

"Pansus-pansus itu kerjanya DPR di mana saja. DPR memang suka Pansus. Bagus dong. Pansus terus saja semua," ucap dia.

Soal Dana

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD DKI Triwicaksana mengatakan salah satu alasan pembentukan Pansus ini adalah supaya proyek monorel tidak menggunakan APBD. Di negara lain, seperti Kuala Lumpur dan Australia, monorel akhirnya diambil alih pemerintah.

"Jangan sampai monorel menggunakan dana APBD. Karena negara besar lainnya mengangkat bendera putih, maka diambil alih oleh pemerintah," kata politisi PKS ini.

Pansus itu akan menyoroti tiga hal utama, yakni legalitas, pembiayaan dan operasional. DPRD mengeluh karena dua kali mengundang pihak Jakarta Monorail sebagai pemegang proyek, tetapi selalu tidak dipenuhi. Padahal pemanggilan tersebut untuk meminta penjelasan mengenai tiga aspek tersebut.

Masalah lain dalam pembangunan monorel adalah  jalur yang belum semuanya tertuang dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) DKI Jakarta 2013-2030. (ren)

Membintangi Drakor Populer The Matchmakers, Inilah Profil dan Fakta Tentang Jung Shin Hye!
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) inaugurated several post-disaster tsunami revitalization projects in 2018 during his working visit to Central Sulawesi Province.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024