Plt Sekretaris Daerah Keluhkan Kebijakan Jokowi

Jokowi - Ahok Rapat Dengan Lurah dan Camat
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hingga Selasa 16 Juli 2013 belum terisi. Pejabat lama, Fadjar Padjaitan, mengundurkan diri karena ingin menjadi calon legislatif.

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini

Fadjar resmi mengundurkan diri sejak April lalu. Sementara ini jabatan Sekda masih dipegang oleh Wiriyatmoko sebagai pelaksana tugas (plt).

Wiriyatmoko kini mulai mengeluh. Menurutnya, menjadi seorang Plt Sekda adalah tugas yang berat. Apalagi, saat ini dia juga menjabat Asisten Sekda Bidang Pembangunan. Kata dia, mengemban dua jabatan sekaligus itu banyak menguras tenaga, pikiran dan waktu.

"Tugas saya semakin berat, volume kerja bertambah. Menjadi Sekda itu tidak mudah karena harus membawahi beberapa asisten sekda," kata Wiriyatmoko di Balai Kota, Jakarta, Selasa 16 Juli 2013.

Supaya bebannya tidak terlalu berat, Wiriyatmoko berharap Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo segera menunjuk tiga calon Sekda untuk kemudian diajukan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi.

"Amanah itu berat buat saya. Memikirkan yang ini dulu saja, coba bayangin sekarang tugas harus menangani beberapa asisten Sekda. Di meja saya selalu numpuk berkas-berkas administrasi," ujar dia.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengatakan selama ini Wiriyatmoko tidak pernah mengeluh kepada dirinya terkait dua jabatan yang diembannya itu. Menurut persepsi Jokowi, Wiriyatmoko bisa menyelesaikan semua tugasnya.

"Dia tidak mengeluh ke saya dan tidak menggangu apa-apa (kinerja kepemerintahan)," katanya.

Jokowi mengaku akan terus menggodok sembilan calon Sekda yang telah mengikuti uji kompetensi. Dia tidak ingin terburu-buru memutuskan calon Sekda. Pemilihan tiga calon Sekda itu akan digodok sampai matang.

"Tidak ada target. Kalau siap besok bisa, akhir tahun bisa, kalau cepat matang. Kalau belum matang, godok lagi," ucapnya.

Berikut sembilan calon Sekda yang ikut seleksi:

1. Wiriyatmoko, sebelumnya pernah menjadi Kepala Dinas Tata Ruang DKI dan Kepala Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan. Saat ini menjabat pelaksana tugas Sekda.

2. Sylviana Murni, sebelumnya pernah menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta, Kepala Dinas Pendidikan Dasar DKI, Wali Kota Jakarta Pusat dan saat ini sedang menjabat sebagai Asiten Sekda Bidang Pemerintahan.

3. Hasan Basri Saleh, pernah menjadi Kepala Biro Perekonomian, pejabat di Bappeda DKI, saat ini menjadi Asiten Sekda Bidang Ekonomi.

4. Franky Mangatas Panjaitan, pernah menjadi Kepala Dinas Kependuduakan dan Catatan Sipil dan Kepala Biro Umum.

5. Catur Laswanto, pernah menjadi Kepala Biro Humas dan Protokol dan Kepala Pusdiklat  kini masih menjabat sebagai Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi.

6. Mochammad Tauchid Tjakraamidjaja, pernah menjadi Kepala Dinas Perhubungan dan Asisten Sekda Bidang Pembangunan.

7. Taufik Yudi Mulyanto, pernah menjadi Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda, dan saat ini Kepala Dinas Pendidikan.

8. Saefullah, pernah menjadi Wakil Kepala Dinas Pendidikan Dasar, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga saat ini masih menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Pusat

9. Bambang Sugiyono, pernah menjadi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, dan Sekretaris Kota Jakarta Pusat dan saat ini masih menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Utara. (umi)

Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 

Arema FC dalam catatan buruk di dua laga terakhir Liga 1. Teranyar mereka dipecundangi Persebaya Surabaya dengan skor 0-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024