METRO

Ahok: Banyak Kepala Sekolah Lebih Cocok Jadi Camat

Pemprov DKI akan melakukan lelang jabatan kepala sekolah.
Jum'at, 12 Juli 2013
Oleh : Lutfi Dwi Puji Astuti, Nina Rahayu
Basuki T. Purnama
VIVAnews - Pemprov DKI Jakarta berencana melakukan lelang jabatan kepala sekolah untuk semua sekolah negeri. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Jumat 12 Juli 2013, mengungkapkan alasan lelang tersebut untuk mencari kepala sekolah yang berkompeten di bidangnya.

"Kami tidak tahu mereka pintar ngajar, pintar jadi kepala sekolah atau pintar ngelobi. Nah, kalau ada tes dan dilelang itu langsung kami tahu nih potensi yang layak jadi kepala sekolah itu berapa," kata Ahok di Balai Kota Jakarta.

Ahok menjelaskan, tes yang akan dilakukan Pemprov DKI meliputi talent mapping, tes potensi akademik, visi misi, tes wawancara, dan psikotes. Dari hasil tersebut, Ahok pun berharap akan mengetahui potensi yang ada pada setiap individu.

"Soalnya itu banyak guru, yang ternyata tidak pantas jadi guru. Dia lebih cocok jadi camat. Nah, ini mesti kami tes dulu, kami punya data," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengatakan rencana penyelenggaraan lelang jabatan kepala sekolah masih digodok oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Biro Hukum dan Biro Organisasi Tata Laksana (Ortala). Termasuk waktu pelaksanaannya pun masih belum bisa ditentukan.

"Lelang kepala sekolah belum, masih proses. Ini juga kan masih dalam proses evaluasi lurah dan camat," kata Jokowi di Balai Kota, Jakarta Pusat.

Jokowi menuturkan, setelah evaluasi dari Government Service Index, lelang jabatan lurah dan camat keluar serta hasilnya bagus. Maka, Pemprov DKI dipastikan akan menggelar lelang jabatan untuk kepala sekolah, puskesmas, kepala seksi, dan kepala dinas.

"Tapi, semuanya masih dalam proses," ucapnya. (art)
TERKAIT