Agustus, Kereta Ekonomi Jakarta-Bogor Dihentikan

Ilustrasi naik angkutan umum.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta
VIVAnews
DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya
- Kereta rel listrik (KRL) ekonomi segera dihentikan operasinya di jalur Jakarta - Bogor. Pemberlakuan tiket elektronik merupakan bagian tahapan penghapusan yang dilakukan oleh PT KCJ (Kereta Api Commuterline Jabodetabek).

Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United

"Kita mulai bertahap dari sekarang. Rencananya bulan Agustus nanti sudah tidak ada lagi kereta ekonomi," kata Direktur Utama KCJ, Tri Handoyo, di Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu 7 Juli 2013.
Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban


Dijelaskannya, alasan penghapusan ini sebagai bagian dari peningkatan pelayanan. PT KCJ hendak menghapus sistem kelas di kereta.


"Ke depan tidak ada kelas lagi di kereta. Semua satu kelas Commuterline. Semua diperlakukan sama," katanya.


Dalam proses ini ia mengakui ada banyak kendala. Kendala terberat adalah menyangkut kebiasaan penumpang. Saat harga tiket diturunkan, banyak penumpang yang mulai beralih ke commuterline. Nah, kebiasaan di kereta ekonomi dibawa ke commuterline.


"Misalkan berdesakan di pintu. Mereka mengganjal pintu hingga tidak bisa ditutup. Dan selama pintu tidak bisa ditutup saya tidak peduli, kereta tidak akan diberangkatkan," katanya.


"Kita akui hampir 80 persen penumpang ekonomi pindah. Tapi ini bukan masalah. Masalah adalah kebiasaan penumpang ekonomi. Ini yang menghambat perjalanan." (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya