Edarkan Ganja, Pelaku Jadi Sopir Taksi Bandara Soekarno-Hatta

Pemusnahan Ganja di Polres Jakarta Selatan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!
- Polisi mengamankan dua orang pengedar ganja yang akan disebarkan ke kawasan Jakarta. Dari tangan pelaku, petugas mengamankan 34 kilogram ganja.

KPK: Sahroni Sudah Kembalikan Aliran Dana Rp 40 Juta dari SYL yang Mengalir ke Nasdem

Kepala Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan, Komsaris Kus Subiyantoro mengatakan, barang haram tersebut didapatkan di rumah kedua pelaku yang bernama Fandi (37) dan Ganda (37) di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan.
Nikah Beda Agama, 5 Artis Ini Jalankan Puasa Ramadhan Tanpa Pasangan


Dari pengakuan tersangka, mereka mendapatkan ganja itu dari Aceh yang kemudian disimpan di Sukabumi, Jawa Barat. Barang itu dibawa oleh tersangka IW yang kini masih buron.


Alurnya, mereka mengirimkan ganja tersebut dengan jalur darat. Untuk mengelabui petugas dan melancarkan setiap pengiriman barang, salah satu pelaku menyamar menjadi sopir taksi.


"Pengakuannya tersangka Ganda, dia merupakan sopir taksi di pool Bandara Internasional Soekarno Hatta. Jadi Profesi sopir taksi sendiri buat kamuflase saja untuk memudahkan barang masuk,"ujar Subiyantoro, Kamis 27 Juni 2013.


Dijelaskan Subiyantoro, awalnya dari Aceh mereka terima 42 Kg ganja. Lalu sudah terjual sebanyak 8 Kg di Jakarta, dan sisanya diamankan petugas.


Mayoritas pemesan barang haram tersebut berasal dari kalangan pelajar dan juga pengangguran. "Satu paket dijual Rp20 ribu. Termasuk murah, makanya pelangganya dari kalangan pelajar dan pengangguran," ungkapnya.


Kedua pelaku yang ditangkap dijerat Pasal 114 (2) jo. Pasal 111 (2) jo Pasal 132 (1) UU RI. No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.


Saat ini polisi masih memburu pelaku IW yang merupakan otak pelaku dan juga AB yang ada di Sukabumi, Jawa Barat. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya