Dapat Subsidi, Tiket Progresif Commuter Line Makin Murah

Ilustrasi naik angkutan umum.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVAnews - PT Kereta Api Commuter Jabodetabek (KCJ) akan menerapkan sistem tarif progresif bersubsidi mulai Senin 1 Juli 2013. Dengan adanya subsidi tersebut, tarif progresif commuter line diyakini semakin murah.

Direktur Utama PT KCJ, Tri Handoyo, Rabu 26 Juni 2013, menjelaskan dengan sistem progresif ini, tarif yang dikenakan kepada penumpang berdasarkan jumlah stasiun yang dilewati.

Honda BeAT Jadi Incaran Maling bukan karena Tidak Aman

Awalnya PT KCJ akan mengenakan tarif Rp3.000 pada lima stasiun pertama dan tiap tiga stasiun berikutnya Rp1.000. Tapi, kata dia, berkat adanya subsidi maka tarif progresif akan dibuat menjadi lebih murah.

"Adanya PSO (Public Service Obligation), setiap lima stasiun pertama menjadi Rp2.000 dan tiap tiga stasiun berikutnya hanya Rp500," ujarnya.

Sementara itu, Humas PT KA, Mateta Rijalulhaq, mengatakan bahwa pihak yang paling diuntungkan dengan adanya PSO adalah para penumpang.

"PSO diberikan pada penumpang, subsidi itu untuk penumpang bukan PT KA, yang diuntungkan itu masyarakat," ujarnya.

Selain pemberlakuan tarif progresif bersubsidi, pada tanggal 1 Juli 2013, PT KCJ juga akan mulai menerapkan sistem e-ticketing atau tiket elektronik secara keseluruhan. Persiapan sudah dilakukan dengan mulai mensosialisasikan tiket single trip dan juga multi trip. (adi)

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri acara buka puasa bersama Ramadan 2024 yang digelar oleh Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara pada Kamis, (28/3).

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024