Ahok: Mau Cepat Benerin Jakarta, Bakar Setengah Kota

Ahok datangi Komisi Pemberantasan Korupsi
Sumber :
  • ANTARA/ Puspa Perwitasari
VIVAnews
Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari
- Permasalahan Jakarta diakui Wakil Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Rbu 5 Juni 2013 sangat rumit. Penyelesaiannya harus bertahap dan butuh waktu. Hanya cara ekstrem dan berisiko bisa mengubah Jakarta dengan cepat.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

"Kamu mau cepat benerin Jakarta. Bakar setengahnya Jakarta!" kata Ahok di Balai Kota.
Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar


Dan, kata mantan Walikota Belitung Timur ini, langkah ekstrem itu tentu tidak mungkin dilakukan karena terlalu berisiko. "Kamu mau bakar? Enggak kan. Makanya kita lakukan bertahap," katanya.


Ahok lalu menuturkan, dia dan Jokowi telah menyiapkan strategi dan skala prioritas untuk membenahi Jakarta. "Kita fokus normalisasi sungai dan waduk dulu, baru yang lain," katanya.


Permasalahan klasik di Jakarta yang kini menumpuk, menurutnya, akibat kebijakan yang dibiarkan sejak lama. "Selama 40 tahun banyak peraturan yang salah di Jakarta," ujarnya lagi.


Pemprov DKI kini tengah menormalisasi Waduk Pluit sebagai langkah antisipasi banjir. Februari 2013 lalu, Jakarta 'ditenggelamkan' banjir. Salah satunya akibat kapasitas waduk yang tidak bisa menampung air dari 13 aliran sungai yang ada di Jakarta.


Waduk Pluit rusak parah akibat pendangkalan dan pemukiman liar di bantaran waduk. Awalnya luas waduk mencapai 80 hektare dan saat ini menyusut menjadi sekitar 50 hektare. Sedangkan kedalaman waduk mengalami pendangkalan, dari sepuluh meter menjadi tiga meter saja. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya