Alasan Pemprov DKI Ambil Alih Penyelenggaraan PRJ

Pekan Raya Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memindahkan tempat penyelenggaraan Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) dari Kemayoran ke kawasan Monumen Nasional. Rencananya, penyelenggaraan PRJ yang selama ini dikelola oleh PT Jakarta International Expo (JIExpo) akan diambil alih oleh Pemprov DKI. Hartati Murdaya adalah petinggi Partai Demokrat sebelum mengundurkan diri setelah ditahan KPK.

Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Senin 3 Juni 2013, pemindahan itu dilakukan karena Jakarta Fair selama ini hanya bisa dinikmati oleh kalangan menengah ke atas.

Ke depan, Pemprov DKI menginginkan konsep PRJ lebih seperti pesta rakyat sehingga warga DKI kelas menengah ke bawah bisa turut menikmati perayaan ulang tahun Jakarta itu.

"Pak Gubernur ingin lebih tidak ke kalangan elit dan tidak bayar. Sekarang yang bisa masuk ke Jakarta Fair hanya kelas menengah ke atas, kalau kelas menengah ke bawah seperti tidak menikmati HUT DKI," ujar Ahok di Balai Kota Jakarta.

Disampaikan Ahok, mulai tahun ini akan disusun seperti apa penyelenggaraan hari ulang tahun Jakarta itu. Format kegiatan dirancang agar bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Jakarta, baik itu kalangan bawah, menengah, maupun atas.

"Mulai tahun ini kami susun ada festival rakyat di mana-mana, mau ada acara free night. Jadi kalau JIExpo mau pameran, silakan pameran aja. Kami punya konsep sendiri yang sifatnya kerakyatan," ucap Ahok.

Selain itu, dia memastikan Pemprov DKI tidak akan mengubah Peraturan Daerah terkait rencana pemindahan tersebut. Pemprov DKI hanya akan mempersilakan PT JIExpo untuk tetap fokus menggelar pameran-pameran yang mereka selenggarakan. Sedangkan Pemprov menggelar acara yang berbasis kebudayaan Betawi.

"Kami tidak ada mengubah JIExpo, silakan saja. Tapi kan kami boleh dong yang berbasis kebudayaan di pinggiran-pinggiran kota," ucapnya.

Jakarta Fair diselenggarakan setiap bulan Juni guna memperingati hari ulang tahun Kota Jakarta. Selama ini, PRJ diselenggarakan oleh PT JIExpo di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Tahun ini, PRJ akan digelar mulai 6 Juni hingga 7 Juli mendatang.

Jakarta Fair 2013 akan diikuti oleh 2.650 peserta yang tergabung dalam 1.280 stan. Panitia menargetkan jumlah total transaksi tahun ini mencapai Rp4,5 triliun, meningkat Rp0,5 trilun dibandingkan tahun lalu yang berjumlah Rp4 triliun. (kd)

Angger Dimas Ungkap Alasan Sang Ibunda Dimakamkan Dekat Makam Dante
Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia / MKRI

MK Pastikan Tak Ada Deadlock Putuskan Perkara Sengketa Pilpres

Mahkamah Konstitusi (MK) memastikan tak ada deadlock dalam pengambilan keputusan sengketa Perselisihan Pemilihan Umum (PHPU).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024