Sistem Tarif Progresif Commuter Line Berlaku Juli

Sosialisasi e-Ticketing Commuter Line
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - PT Kereta Api Commuter Jabodetabek (KCJ) akan menerapkan sistem e-ticketing mulai awal Juni 2013 mendatang. Direktur Utama PT KCJ Ignatius Tri Handoyo, menjelaskan tiket elektronik akan diterapkan di 63 stasiun di Jabodebatek.

"Mulai 1 Juni 2013, e-ticketing dengan pembatasan waktu akan diberlakukan pada 63 Stasiun di Jabodetabek," kata Ignatius Tri Handoyo, Kamis 30 Mei 2013.

Menurutnya, hingga saat ini, tiket elektronik baru diterapkan pada 60 stasiun. Tiga stasiun yang belum diterapkan adalah Stasiun Universitas Indonesia, Depok, Stasiun Parung Panjang dan Stasiun Cicayur.

"Penjualan kartu elektronik hanya dilakukan pada pukul 09.00 sampai dengan 16.00 WIB dan selanjutnya di luar waktu tersebut tetap dilakukan penjualan tiket manual atau tiket kertas," ucapnya.

Jika e-ticketing berjalan lancar maka segera diikuti pemberlakuan sistem pembayaran tarif progresif. Dengan sistem progresif ini, tarif yang dikenakan kepada penumpang berdasarkan jumlah stasiun yang dilewati. Pada lima stasiun pertama penumpang akan dikenakan biaya Rp3.000, dan Rp 1.000 untuk setiap tiga stasiun berikutnya. Sistem tarif ini diklaim akan membuat sebagian besar harga tiket mengalami penurunan.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Penerapan sistem pembayaran tarif progresif dengan menggunakan tiket elektronik ini akan diterapkan pada Juli 2013. "Pada penerapan secara menyeluruh, PT KCJ akan langsung memberlakukan dua jenis tiket yaitu single trip dan multi trip," kata dia.

Ilustrasi kanker prostat.

Waktu Idel untuk Kencing Setiap Hari, Laki-laki Harus Tahu Agar Prostat Tetap Sehat

Jika terjadi pembesaran pada prostat, ini bisa menyebabkan sumbatan dan gangguan pada proses kencing.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024