Warga Manado Bisa Belanja Murah di Jakarta Great Sale

Jakarta Great Sale
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Masyarakat Manado dan daerah sekitarnya dapat menikmati paket wisata dan belanja murah ke Jakarta melalui progam Jakarta Tourism Expo (JTE) 2013 yang ditawarkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta.

Agussani Kembali Dilantik Sebagai Rektor UMSU, Ini Pesan Ketum PP Muhammadiyah

Melalui JTE yang akan digelar pada 31 Mei - 2 Juni  di Manado Town Square 2, warga yang berminat dapat memperoleh paket perjalanan murah dan kesempatan berbelanja murah dalam program Jakarta Great Sale yang digelar di Jakarta dari 1 Juni hingga 14 Juli 2013.

"Masyarakat Manado dan daerah-daerah lainnya di Sulawesi Utara yang ingin berkunjung ke Jakarta untuk wisata atau berbelanja bisa memilih paket yang sesuai dengan keinginan mereka," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Arie Budiman, Senin 27 Mei 2013.

Harga produk fesyen yang ditawarkan pada Jakarta Great Sale (JGS) jauh lebih murah, sekitar 30 persen lebih rendah dibandingkan kota besar lainnya seperti Kuala Lumpur. Dalam program JGS ini sejumlah pusat belanja juga menawarkan paket menarik dengan diskon hingga 80 persen.

Dalam program yang kedua kalinya diselenggarakan di Manado ini, akan dijual paket-paket murah perjalanan wisata ke Jakarta di antaranya Paket Flight & Bed Sriwijaya Air.

Maskapai nasional ini menawarkan tiket pesawat Sriwijaya Air Manado-Jakarta (pp) dengan menginap satu malam di hotel berbintang termasuk dengan sarapan pagi dengan harga mulai dari Rp1.550.000/orang.

Inflasi AS Turun, Aset Kripto Kinclong

Salah satu produk terbaru lainnya yang akan di tawarkan adalah masyarakat Manado dan sekitarnya dapat menyaksikan program TV Pesbukers di studio TV ANTV secara langsung.

Pesbukers merupakan salah satu program TV terkemuka yang banyak diminati pemirsa di seluruh tanah air. Masyarakat Manado dan sekitarnya yang membeli paket nonton Pesbukers ini bisa juga foto bersama artis-artis yang tampil pada acara ini.

Selain itu pada Sabtu, 1 Juni 2013 di tempat yang sama, akan digelar program acara Crazy Sale yang hanya berlangsung selama satu jam dari pukul 19.00 sampai 20.00 WIT.

Lestarikan Kerajinan Lokal, UMKM Binaan MIND ID Ramaikan HUT Dekranas

Pada acara ini masyarakat bisa  membeli tiket pesawat Manado-Jakarta (untuk satu kali jalan)  hanya Rp592.950/orang dan hotel berbintang termasuk makan pagi mulai dari Rp99.000/orang, serta diskon 50 persen untuk tiket masuk Sea World, Gondola Ancol serta KidZania.

Arie Budiman menambahkan, sebelum di Manado, program JTE 2013 telah berlangsung di Surabaya, Jawa Timur. "Atas permintaan pelaku industri wisata di Jakarta dan Sulawesi Utara, maka tahun ini kami mengadakan JTE di Manado karena minat wisata masyarakat di kota ini dan berbagai daerah di Sulawesi Utara memang tinggi untuk berkunjung ke Jakarta," ucapnya.

Paket wisata yang ditawarkan peserta JTE bisa lebih murah karena masing-masing peserta bekerjasama dan bersinergi. Inilah salah satu keuntungan melakukan perjalanan wisata melalui sistem paket dan ini juga menjadi tren di dunia wisata internasional.

Paket yang tersedia juga sangat beragam dan fleksibel. Berbagai kemudahan ditawarkan, tak hanya tarif hotel atau penerbangan yang rendah, peserta program JTE juga akan memperoleh kemudahan transportasi dari bandara. "Banyak program promosi yang ditawarkan hotel, penerbangan dalam program JTE kali ini," kata Cucu Ahmad Kurnia. Kepala Bidang Promosi Disparbud DKI Jakarta.

Menurut perhitungan pelaku industri wisata, melalui program JTE, wisatawan bisa menghemat biaya sampai 50 persen bahkan bisa lebih. "Ibarat kata, beli satu dapat dua. Kalau harga normal mana bisa pulang pergi dengan pesawat ke Jakarta dan menginap satu malam di hotel dengan biaya di bawah Rp2,5 juta, tapi melalui JTE ada paket wisata hanya Rp1,5  juta per orang," ucap Cucu.

Acara Jakarta Tourism Expo 2013 di Manado mengikutsertakan 34 industri pariwisata dan UKM dari DKI Jakarta. Selain maskapai penerbangan Sriwijaya Air dan pengelola hotel bintang 3 sampai 5 dan perusahaan biro perjalanan wisata, juga hadir pengelola objek wisata menarik di Jakarta, seperti Kidzania, Sea World, Gondola Ancol, Ragunan, dan pusat perbelanjaan Tanah Abang.

Sebelum pelaksanan pameran JTE 2013 di Manado Town Square 2, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI juga akan menggelar Opening Ceremony JTE 2013 di Sintesa Peninsula Hotel.

Selain itu, pada hari yang sama juga digelar acara Table Top yang merupakan temu bisnis antara Biro Perjalanan Wisata dari Manado, Ternate, Tondano dan Gorontalo yang potensial sebagai buyers dengan 34 industri Pariwisata dari Jakarta sebagai sellers.

Data yang dihimpun Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menunjukkan, pertumbuhan sarana dan prasarana wisata di Megapolitan Jakarta melaju pesat dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini di Jakarta tersedia tidak kurang dari 1.257 tempat hiburan dan rekreasi yang menyajikan lebih dari 19 jenis hiburan yang siap memberikan berbagai pengalaman keceriaan dan kenyamanan bagi wisatawan.

Jumlah pusat belanja juga terus bertambah yang mencapai 86 mal yang menawarkan berbagai produk-produk berkualitas internasional. Tidak heran, Jakarta kini menjadi maskot perbelanjaan terkemuka di kawasan Asia dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pada 2012 lalu, jumlah wisatawan domestik ke Jakarta mencapai 28,88 juta orang dan wisatawan mancanegara sebanyak 2,125 juta orang.

"Rata-rata pertumbuhan wisatawan ke Jakarta sekitar 7-10 persen per tahun. Jadi, selain untuk menggalakkan wisatawan domestik, JTE bertujuan untuk mempromosikan Jakarta sebagai destinasi wisata yang tidak kalah dibandingkan kota besar lain di Asia. Jakarta kini termasuk sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan sektor pariwisata tercepat di dunia."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya