Jokowi: Sistem INA CBGs Itu Tugasnya Kemenkes

Kartu Jakarta Sehat
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVANews - DPRD DKI mengancam akan memakzulkan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, terkait kisruh program Kartu Jakarta Sehat, yang dikeluhkan sejumlah rumah sakit. Sejauh ini, dewan dilaporkan telah mengumpulkan hak interpelasi lebih dari 30 suara.

Menanggapi hal ini, Jokowi menilai bahwa ancaman itu salah sasaran. Menurutnya, akar permasalahan KJS yaitu Indonesia Cash Basic Groups (INA CBG's) bukanlah tanggung jawab Pemprov DKI semata.

"INA CBGs itu tugasnya Kemenkes. KJS hanya dijadikan percontohan pemerintah pusat sebelum diberlakukan secara nasional," katanya.

Jokowi menjelaskan ada ketidaksamaan nilai biaya pelayanan kesehatan antar rumah sakit. Ongkos layanan ini juga menyangkut satus dari rumah sakit dari tipe A hingga D. Selain itu ada perbedaan dalam tindakan medis terhadap sebuah penyakit.

"Contohnya, tindakan medis. Misalnya sakit perut ada yang diputuskan dioperasi, ada dengan obat. Sistem itu yang diperbaiki. Bukan KJS nya," kata Jokowi.

Sedangkan untuk biaya layanan, Jokowi mencontohkan ongkos cuci darah. Di RS A biayanya Rp2 juta. Di RS B biayanya Rp1 juta dan di RS C Biayanya Rp600 ribu.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

"Ini harus di standarkan. Kalo semua sama Rp2 Juta, anggaran ya jebol," katanya. (ren)

Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024