Gagalkan Perkosaan, 3 Anak Ini Dapat Penghargaan

3 anak gagalkan pemerkosaan
Sumber :
  • ANTARA
VIVAnews -
Alasan Pemprov DKI Gelontorkan Rp 22,2 M untuk Perbaiki Rumah Dinas Gubernur
Berbadan kecil bukan berarti mempunyai nyali yang kecil pula. Ungkapan tersebut pantas untuk disematkan kepada Ilham Maulana (15). Ilham adalah salah satu dari 3 orang anak yang menggagalkan tindakan percobaan perkosaan di daerah Bogor, Jawa Barat.

Indonesia Penghasil Emisi Karbon Terbesar di Dunia, Tanam Lebih Banyak Mangrove Bisa Jadi Solusinya

Ditemui ketika menerima penghargaan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Kamis 23 Mei 2013, Ilham menuturkan bahwa tindakan heroik yang dia lakukan adalah spontan.
Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang


"Kami (bertiga) boncengan naik motor pulang sekolah mau maen ke daerah LBC. Di tengah jalan, tiba-tiba dengar ada yang teriak minta tolong," ujarnya.


Ilham adalah orang yang pertama turun dari motor. Bahkan betis kanannya terkena knalpot motor pada saat turun. Ketiganya kemudian menemukan ada sebuah percobaan perkosaan. Tanpa berpikir panjang, ketiganya kemudian mengamankan korban dan membawa pelaku ke pos satpam terdekat.


Atas tindakan heroiknya tersebut, ketiganya mendapat penghargaan dari KPAI sebagai pejuang perlindungan anak. Selain mendapat penghargaan, mereka juga mendapat beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, serta Yayasan Diniyah Nusantara.


Ilham yang masih berstatus siswa kelas 7 MTs Fathan Mubna Ciawi itu, mengaku tidak menyangka akan menerima penghargaan ini. "Uangnya mau dikasih semua ke orangtua," lanjutnya. (adi)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya