Seberapa Banyak Polisi Menilang Saat Operasi Simpatik

Razia Lalu Lintas
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews
Petinggi Gerindra: Kemungkinan Pengajuan Hak Angket DPR Hanya 3 Persen
- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar operasi simpatik 2013, dari tanggal 7 Mei hingga 21 hari ke depan. Selama 13 hari razia, Polda mencatat pengendara sepeda motor menduduki urutan pertama yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

Widodo Beri Motivasi Pemain Arema FC Usai Takluk Dari Persebaya

Kepala Subdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Hindarsono, mengatakan kesadaran pengendara motor masih rendah sehingga sering mengabaikan keselamatan.
Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina


"Untuk 13 hari saja, jumlah pelanggaran yang dilakukan kendaraan roda dua berjumlah 6.806. Pelangarannya berupa tidak menggunakan helm, surat kendaraan tidak lengkap dan juga melawan arus," ujar Hindarsono kepada
VIVAnews
, Senin, 20 Mei 2013.


Hindarsono menambahkan, peringkat kedua pelanggar lalu lintas terbanyak adalah kendaraan pribadi roda empat dengan jumlah mencapai 1.257. Selanjutnya mikrolet sebanyak 1.115, kendaraan barang 643, taksi 524, bus 245 dan metromini 220 pelanggaran. Total keseluruhan yakni 10.810 kendaraan yang tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas.


Selain itu, jumlah teguran mencapai 28.261 dengan rincian teguran lisan 16.654 dan tertulis 11.604. Sementara itu, barang bukti yang disita, yakni SIM berjumlah 3.811, STNK 6.826, kendaraan roda dua 126 buah dan roda empat 13.


Polisi mengaku telah melakukan beberapa langkah preventif dengan cara penyuluhan kepada masyarakat untuk tertib berlalu lintas. "Kami juga melakukan pemasangan spanduk keselamatan berlalu lintas. Langkah ini dinilai cukup efektif supaya agar selalu waspada berkendara," kata Hindarsono. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya