Sebelum Digusur, Pedagang Stasiun Pondok Cina Bongkar Kios Sendiri

Penumpang Kereta Terlantar Akibat Blokade Jalur di Stasiun Pondok Cina
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Sahabat Masih Bersaksi Soal Kebaikan Babe Cabita
- Terkait program pelebaran stasiun yang dilakukan pihak PT Kereta Api, sejumlah pedagang kios di area Stasiun Pondok Cina Depok memilih membongkar sendiri lapak mereka pada Selasa, 14 Mei 2013. Berbeda dengan sebelumnya, pembongkaran kali ini berjalan damai.

Terungkap, Motif Pembunuhan Sadis Ibu dan Anak di Palembang

Dari 25 kios yang ada, 13 di antaranya telah dirobohkan sendiri oleh para pedagang. Aksi ini menyusul adanya kesepakatan antara pemilik kios dengan para pedagang.
Syahrul Yasin Limpo ke Eks Ajudannya: Panji Lihat Sini, Saya Bapakmu

 

"Alhamdullillah pembongkaran kali ini berlangsung tertib. Mereka (para pedagang) sukarela membongkar sendiri kios dagangan tanpa ada paksaan. Ini dikarenakan sudah adanya kesepakatan antara pihak pemilik kios dengan pedagang," kata Kepala Stasiun Pondok Cina, Cahyono, pada sejumlah awak media di lokasi pembongkaran.


Dari kesepakatan itu, para pemilik bersedia mengganti rugi sisa penyewaan kios para pedagang. Dikawal ratusan aparat kepolisian, pembongkaran ini pun berjalan kondusif.


Padahal sebelumnya, beberapa waktu lalu aksi pembongkaran di kawasan stasiun itu sempat diwarnai aksi pemblokiran jalur KRL selama sekitar 5 jam oleh para pengunjuk rasa. Akibat hal ini, mereka pun nyaris adu jotos dengan pengguna KRL lain yang tak terima dengan aksi tersebut.


"Kami pasrah sajalah, saya tidak tahu. Yang tahu kesepakatan itu bos saya," kata Agung, salah satu pedagang.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya