Bekasi Mulai Bangun Shelter Monorel pada 2014

Replika monorel buatan PT Inka di Madiun
Sumber :
  • Alfin Tofler
VIVAnews
Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor
- Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, akan mulai merealisasikan pembangunan shelter monorel pada 2014 mendatang. Itu dilakukan dalam rangka ikutĀ  menyiapkan kajian pembangunan monorel Jakarta-Bekasi.

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati

Pemerintah Kota Bekasi saat ini terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. "Koordinasi dalam rangka untuk membuat kajian mengenai lokasi dan jumlah shelter monorel," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Supandi Budiman, Selasa 7 Mei 2013.
Indonesia Bakal Jadi Basis Produksi Mobil Listrik Canggih


"Koordinasi itu juga terus dilakukan untuk mempercepat realisasi pembangunan jalur monorel yang melewati wilayah Bekasi," ucapnya.


Anggaran untuk proyek monorel tersebut, kata Supandi, semuanya berasal dari Pemerintah Pusat. Namun begitu, Pemkot Bekasi tetap mengusulkan dana dari APBD. "Dana dari APBD Kota Bekasi untuk kebutuhan infrastruktur di Kota Bekasi, seperti shelter dan pembebasan lahan," kata dia.


Rencananya, moda transportasi massal monorel Jakarta-Bekasi, akan melintas di sisi Kalimalang atau sejajar dengan jalur Tol Becakayu (Bekasi, Cawang, Kampungmelayu). Jalur monorel dimulai dari Cawang, membentang sampai Bulak Kapal, Bekasi Timur.


Supandi menjelaskan, monorel nantinya akan menjadi angkutan alternatif bagi warga Kota Bekasi menuju Jakarta. Dia yakin monorel akan mampu menampung banyak penumpang, sehingga bisa berdampak pada berkurangnya angka kemacetan di jalan raya.


Proyek monorel Jakarta-Bekasi-Cibubur, telah diluncurkan Menteri BUMN Dahlan Iskan. Proyek yang diberi nama Jakarta Link Transportation (JLT) itu digarap lima konsorsium BUMN dengan menelan dana Rp7 triliun. Di antaranya, PT Adhi Karya Tbk, PT Inka, PT LEN, PT Jasa Marga, dan PT Telkom. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya