Alasan Ahok Pilih Jepang Daripada Bank Dunia

Ahok Jaga Kantor
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir
- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama, mengungkapkan alasan pemilihan Jepang sebagai mitra pembangunan Jakarta. Dia menjelaskan bahwa investasi yang dilakukan Jepang lebih menguntungkan dibandingkan Bank Dunia. "Bank Dunia prosesnya berbelit," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Senin 6 Mei 2013.

Kasus Korupsi Timah, Kejagung Periksa Pegawai Kementerian ESDM

Menurutnya, salah satu kemudahan yang diberikan Jepang adalah pinjaman lunak dengan bunga 0,1 persen dengan jangka waktu 40 tahun. "Kami di-
Aktor Park Sung Hoon Minta Maaf ke Penonton Atas Karakter Jahatnya di Queen Of Tears
untungin banget sama kerjasama ini. Tidak ada yang kasih seperti ini," ujarnya.


Selain itu, Jepang memberi ruang untuk kerjasama di bidang lain. Salah satunya keterlibatan banyak BUMN dan BUMD. "Contohnya Wika. BUMN ini nantinya akan menyediakan berbagai alat dalam penyediaan rel dan kereta. Wika sudah tanda tangan juga dengan Jepang, khusus untuk MRT," katanya.


Dia menjelaskan, banyak negara yang ingin berinvestasi di Jakarta. Tapi, mereka tidak pernah memberi ruang untuk perusahaan lokal ikut berpartisipasi langsung dalam pembangunan.


"BUMN, BUMD dan perusahaan lokal juga harus maju. Mereka harus diberi kesempatan oleh investor asing. Kami fokus pada investor asing yang mau kasih kesempatan perusahaan lokal, bunga murah dan prosesnya tidak ribet," katanya.


Ke depan dalam rencana pembangunan monorel, Pemprov DKI juga akan menggandeng perusahaan dari Jepang. Sebab, kata dia, penawaran dari Bank Dunia terlalu berbelit-belit dan tidak mengajak perusahan lokal sebagai mitra. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya