Tiga Jam Dilahap Api, 85 Rumah di Kampung Pulo Hangus

Festival Api Spanyol
Sumber :

VIVAnews - Kebakaran melanda pemukiman padat penduduk di Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu 5 Mei 2013. Setelah sekitar tiga jam api berkobar, api berhasil dipadamkan.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

Sebanyak 39 unit mobil pemadam kebakaran diturunkan untuk memadamkan api. Menurut salah seorang petugas pemadam kebakaran, Supomo, kebakaran terjadi sekitar pukul 14.00 dan api padam pukul 17.00 WIB. Kata dia, Kebakaran itu diperkirakan telah menghanguskan sekitar 85 unit rumah warga. Sebanyak 65 bangunan berada di RW 03/RT 14, 15, dan 16. Serta 20 bangunan lainnya berada di  RW 02/ RT 11 dan 13.

"Baru itu yang kami ketahui pemukiman yang dilanda kebakaran. Sepertinya sekarang titik-titik api sudah padam," kata Supomo.

Karena padatnya pemukiman, petugas kesulitan mencapai titik api. Kata dia,  mobil pemadam hanya dapat mencapai daerah Bukit Duri, Jakarta Selatan yang ada di seberang Kampung Pulo. "Mobil pemadam tidak bisa mencapai ke lokasi kebakaran. Terpaksa selang air harus menyeberang sungai," ujarnya.

Sementara itu, Lurah Kampung Melayu, Bambang Pangestu mengaku belum tahu penyebab kebakaran. Petugas, kata dia, masih mengusutnya.

Dugaan sementara, kebakaran itu berasal dari salah satu rumah warga di RW 03 RT 15. "Dari rumah warga bernama Basir," ujar Bambang. Bambang menambahkan, selain 39 mobil pemadam yang diturunkan. Warga pun ikut bergotong royong memadamkan api. Karena menurutnya, sumber air dari kali ciliwung cukup dekat dan dinilai bisa lebih efektif membantu para petugas pemadam kebakaran.

"Api bisa cepat dipadamkan, karena warga ikut serta bergotong-royong memadamkan api. Walaupun dengan menggunakan alat seadanya dengan ember seadanya dan selang pedam," ujarnya.

Salah satu warga Kampung Pulo, Firman, 33 tahun, menuturkan, selain menghanguskan rumah-rumah, kebakaran di Kampung Pulo itu, juga menyebabkan beberapa kendaraan roda dua milik warga yang tak sempat diungsikan turut terbakar.

"Kebakaran terjadi begitu cepat. Tiba-tiba api sudah besar. Rumah saya habis, tapi yang penting istri dan anak saya selamat. Sepeda motor milik warga juga ada yang terbakar," ujar Firman.


Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024