METRO

Banjir Datang Lagi, DKI Siagakan 170 Alat Berat

Alat berat untuk mengangkat sampah yang menyebabkan pendangkalan.

ddd
Kamis, 2 Mei 2013, 14:57
Pengerukan Waduk Pluit
Pengerukan Waduk Pluit (VIVAnews/Fernando Randy)
VIVAnews - Hujan deras yang mengguyur Jakarta, membuat  banjir di sejumlah titik di kawasan ibu kota. Pendangkalan sungai dan sampah di sungai, waduk dan pintu air menjadi masalah yang sejak lama tidak pernah diatasi. Ini yang menjadikan air meluap karena melebihi kapsitas.

"Kita siagakan 170 eskavator di seluruh sungai, waduk dan pintu air yang ada di Jakarta," kata Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, Kamis, 2 Mei 2013.

Alat berat ini akan terus difungsikan untuk mengangkat sampah dan tanah yang menyebabkan pendangkalan di sungai, waduk dan pintu air. Ia berharap pengerukan ini dapat menambah kapasitas tampungan air hujan dan banjir kiriman.

Menurut Jokowi, Dinas PU sudah melakukan pemeriksaan tanggul-tanggul air yang ada. Pengawasan dan perbaikan di tanggul yang kondisinya darurat segera dilakukan.

Akibat hujan lebat yang mengguyur Jakarta pada Rabu malam menyebabkan tanggul kali Krukut, Pondok Labu, Jakarta Selatan jebol. Akibatnya kawasan sekitar tanggul terendam banjir.

"Saya sudah minta Dinas PU ke lokasi. Mereka akan cek dan segera lakukan perbaikan," kata Jokowi.

Untuk perbaikan darurat ini Pemda sudah menyiapkan anggaran khusus. Dana untuk kondisi darurat dan tidak perlu dilakukan tender.

Menurutnya, tender justru akan memperlambat proses perbaikan. Untuk tender memerlukan proses dan waktu yang lama. Proses pertanggungjawaban dana perbaikan darurat ini akan diaudit belakangan.

"Jumlah sedang dihitung PU dan yang penting perbaikannya harus cepat dan bagus," katanya. (eh)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com
Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Kode Etik | Lowongan
Copyright © 2014 PT. VIVA Media Baru