Tanggul Kali Krukut Jebol, Mampang Banjir Satu Meter

Tanggul jebol di Citayam, Depok, Jawa Barat
Sumber :
VIVAnews -
10 Negara Paling Religius di Dunia, Peringkat Indonesia Tak Disangka!
Hujan yang membasahi Jakarta sejak sore hingga malam hari ini, Rabu 1 Mei 2013 membuat banjir di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Ketinggian air mencapai satu meter dan membuat kendaraan sulit untuk melintasi kawasan itu.

Mengapa Umat Kristen Merayakan Paskah? Simak Sejarah beserta Maknanya

Tanggul Kali Krukut di Jalan Canadiyati, Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan itu jebol karena air sudah tidak bisa tertampung lagi. Akibatnya, puluhan rumah ikut terendam.
Panduan Lengkap Investasi Reksadana untuk Pemula, Dari A sampai Z


Kepala Suku Dinas PU Tata Air Jakarta Selatan, Irvan Amtha menjelaskan tanggul yang terbuat dari tembok itu memang sengaja dibuat masyarakat untuk menahan air Kali Krukut. Namun, hujan yang terus mengguyur membuat volume air meningkat dan meluap ke tempat lain.


"Sekitar pukul 19.00 WIB air berhasil menjebol tembok setinggi 2 meter dari jalan tersebut. Kira-kira panjang jebolnya itu 5-8 meter. Kita belum bisa pastikan karena air masih deras dan tinggi," ujar Irvan.


Hingga pukul 21.50 WIB, air kali masih mengalir dengan deras. Sebanyak 20 pekerja sudah berada di lokasi untuk membantu warga dalam memperbaiki tanggul. Pihaknya mencoba untuk menutup tanggul dengan kantong-kantong pasir.


"Tapi masih menunggu air agak tenang, karena sekarang hujan juga masih deras," kata dia.


Disana, kata Irvan, sudah terdapat sebuah pompa sedot air. Namun karena ketinggian air dipemukiman warga mencapai 80-110 cm, pemakaian pompa dianggap tidak efektif. Jika pompa itu tetap digunakan, maka bisa merusak pompa tersebut. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya