50 Ribu Buruh Sudah Masuki Jakarta

Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 2013 di HI
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
Lippo Karawaci Cetak Pendapatan Rp 17 Triliun di 2023, Kantongi Laba Bersih Rp 50 Miliar
- Traffic Management Center Polda Metro Jaya mencatat sekitar 50 ribu buruh dari Jabodetabek, Karawang dan Banten masuk ke Jakarta hingga siang ini, Rabu 1 Mei 2013. Ribuan buruh lainnya dilaporkan sedang dalam perjalanan menuju Ibu Kota.

Sekjen Golkar Tegaskan Munas Tak Bisa Dimajukan Sebelum Desember 2024

"Sudah ada 775 bus pengantar buruh yang parkir di Parkir Timur Silang Monas, Jakarta Pusat. Itu diartikan sekitar 50 ribu buruh sudah berada di Jakarta. Mungkin nanti akan bertambah," kata Kepala Sub Bagian Teknologi dan Informasi TMC Polda Metro Jaya, Komisaris Purwanto.
Hasbi Hasan Dituntut 13 Tahun Bui, Pengacara: Tak Rasional, Seperti Balas Dendam


Jika Parkir Timur Silang Monas sudah mulai padat, maka parkir kendaraan akan dialihkan ke Masjid Istiqlal. Menurutnya, parkir di Silang Monas ini baru pertama kali diterapkan, biasanya mereka memarkirkan kendaraan di Lapangan Banteng.


"Kalau parkir di Lapangan Banteng terlalu merepotkan dan menyusahkan, karena harus jalan terlalu jauh untuk ke Bundaran HI. Sekarang kami memudahkan saja," kata dia.


Di layar monitor TMC tampak ratusan buruh tumpah ruah di Jalan Sudirman menuju Hotel Indonesia. Bus pengantar buruh menumpuk di jalur Transjakarta Tosari. Massa yang long march memenuhi semua ruas Jalan Sudirman, baik yang ke arah HI ataupun sebaliknya.


Pemandangan serupa terlihat di kawasan Bundaran Hotel Indonesia menuju Istana Negera. Tidak ada satupun kendaraan yang bisa melintas. Massa juga sudah mulai masuk ke jalur sebelahnya tepatnya di depan Hotel Pullman. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya