Ribuan Buruh Bergerak dari Kawasan Industri Pulogadung

Buruh bergerak menuju Istana Negara
Sumber :
  • VIVAnews/Eka Permadi
VIVAnews - Ribuan buruh mulai ke luar dari kawasan industri Pulogadung sekitar pukul 09.00 WIB, Rabu 1 Mei 2013. Merekamemenuhi Jalan Pemuda menuju arah Jakarta Pusat. Titik aksi akan di pusatkan di kawasan Istana Negara, depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), serta Kantor Kementerian Tenaga Kerja.
Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Pantauan VIVAnews, barisan terdepan sudah sampai depan Mal Arion, Jakarta Timur. Sementara massa masih mengular sepanjang jalan Pemuda dan "ekornya" belum keluar sepenuhnya dari dalam kawasan industri. 
Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Iring-iringan motor dan bus buruh dengan atribut serikat pekerja dikawal polisi. Meski telah dikawal, iring-iringan itu sempat memacetkan kawasan Arion, sebab mereka memakan seluruh badan jalan termasuk jalur bus Trans Jakarta.
Polisi Bagi Takjil Gratis Tapi Tak Ada Pengendara Melintas, Netizen: Anda Berkumpul, Kami Putar Arah

Sepanjang Jalan Pemuda, tiap perempatan dan pertigaan yang terdapat lampu rambu-rambu lalu lintas dijaga aparat kepolisian.

Selain massa buruh yang telah tergabung dalam longmarch itu, di depan TU Gas juga masih terdapat kumpulan buruh yang masih bersiap-siap. Mereka tengah berkonsolidasi. Nantinya akan bergabung dengan buruh di Bundaran HI. 

Lalu lintas sepanjang Jalan Pemuda, kembali normal usai iring-iringan buruh melintas. 

Di kawasan Pondok Ungu, Bekasi pantauan VIVAnews, sejumlah pabrik menghentikan operasional untuk memberi kesempatan kepada buruhnya memperingati Hari Buruh. Lapangan parkir yang biasanya dipenuhi ribuan sepeda motor milik buruh terlihat kosong. Tampak aparat kepolisian dan TNI berjaga-jaga.

Ratusan buruh di luar pabrik terlihat mulai konvoi menuju Jakarta. Di Bekasi sendiri, sebagian buruh menggelar dzikir akbar yang dipimpin Arifin Ilham. Aksi doa dan dzikir bersama ini dipusatkan di PT Sowa. (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya