VIDEO: Ini Lima MRT Terbaik di Dunia, Bagaimana Jakarta?

Taipei MRT
Sumber :
  • Wikipedia
VIVAnews
Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina
- Bersih, modern, dan waktu tempuh lebih singkat membuat Mass Rapid Transit( MRT) jadi pilihan transportasi di beberapa negara. Berikut kota dengan MRT terbaik di dunia.

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di Singapura, MRT menjadi tulang punggung dari sistem kereta api. Beroperasi sejak 1987, MRT jadi sistem angkutan cepat tertua kedua di Asia Tenggara setelah Filipina. MRT di Singapura memiliki jalur sepanjang 129 Km dan 79 stasiun pemberhentian. MRT di sana pernah dapat penghargaan sebagai kereta dengan teknologi paling inovatif serta angkutan metro terbaik di Asia Pacific.
Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia


Kisah perjalanan MRT di Guangzhou China tidak semulus yang terlihat sekarang. Setelah lebih dari 30 tahun, pembangunan kereta bawah tanah ini akhirnya rampung. MRT di kota itu pertama kali diluncurkan tahun 1997. Kini telah punya delapan jalur, 144 stasiun dan panjang jalur 236 Km.


MRT di Tokyo adalah sesuatu yang legendaris. Kereta di Tokyo terkenal paling cepat dan tepat waktu di dunia. Begitu juga sistemnya yang sangat tertata. Setidaknya ada sekitar 14 juta pengguna kereta ini pertahun. Lihat videonya


Sistem MRT di New York, Amerika Serikat, identik dengan waktu operasionalnya yang 24 jam. Tidak perlu khawatir jika pulang larut malam atau pergi terlalu pagi karena MRT selalu siap mengantar. Hal ini menjadikan kota New York seakan tidak pernah tidur.


Sementara MRT di Madrid Spanyol memiliki jalur kereta terpanjang di dunia. Rute terpanjang mencapai 386 Km. Setiap tahun MRT mengangkut 1,5 juta penumpang dan setengahnya adalah turis.


Di Indonesia, MRT akan dibangun pertama kali di Jakarta. Rencananya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan meresmikan proyek itu pekan ini.


Tahap awal akan dibangun MRT Lebakbulus ke Bundaran HI. Dari Lebak Bulus sampai Bundaran HI yang tadinya bisa memakan waktu 1-2 jam pada waktu sibuk, nanti dapat dilintasi hanya 30 menit.


Di jalur ini akan dibangun 13 stasiun. Tujuh stasiun di bawah tanah dan enam elevated. Proyek ini akan menghabiskan dana sebesar Rp15 triliun berupa pinjaman dari JICA, Jepang. Ditargetkan MRT mulai beroperasi di Ibu Kota pada 2016. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya