Pedagang Stasiun Pasar Minggu Mengadu Ombusman

Pedagang di stasiun
Sumber :

VIVAnews - Pedagang di kawasan stasiun Pasar Minggu sudah mendapat kabar rencana penggusuran esok hari. Menurut para pedagang,  PT KAI beralasan penggusuran guna penataan kawasan stasiun.

"Kita akan melawan. Pedang semua sudah bersiap menghadapi petugas. Penertiban beda dengan penggusuran," kata Sri Wahyuni, Kordinator Persatauan Penggiat Usaha Setasiun se Jabotabek (Perpustabek), di gedung Ombusman, Jakarta, Kamis 17 April 2013.

Baginya perlawanan ini sebagai upaya mempertahankan hak para pedagang. Mereka menolak disamakan dengan PKL. Mereka mempunyai perjanjian yang sah mengenai sewa lahan usaha dengan PT KAI.

Sri mengklaim anggotanya hingga saat ini berjumlah 1.600 pedagang. Mereka tersebar di 16 satasiun dari Bogor sampai stasiun Tangerang. Mereka siap membantu sesama pedagang di stasiun Pasar Minggu besok.

"Kita dapet kabar PT KAI telah menyiapkan 1600 personel buat gusur pedagang. Itu anggota gabungan termasuk polisi. Kita terpaksa melawan karena akan digusur. Kita tidak pernah diajak dialog," ujarnya.

Rombongan para pedagang ini minta Ombusman untuk menghentikan penggusuran. Namun permintaan ini tidak bisa dipenuhi Ombusman.

"Kita hanya bisa memediasai. Bila itu terjadi kita akan lakukan pemantauan. Kita sedang kumpulkan arsipnya. Mengenai tuntutan sedang dirumuskan para pedagang. Kita akan mulai mediasai pada Kamis minggu depan," kata Budi Santoso, Komisioner Ombusman Indonesia. (adi)

Kementerian PPPA Fasilitasi Tes DNA Kasus Hubungan Sedarah Kakak-Adik di Bengkulu

Laporan: Eka Permadi

Ilustrasi bunuh diri.

3 Negara dengan Angka Bunuh Diri Tertinggi di Dunia, Terbaru di Indonesia!

Banyak faktor yang mendorong seseorang untuk melakukan tindakan bunuh diri atau suicide mulai dari masalah asmara, himpitan ekonomi hingga depresi yang berlebihan.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024