Kini Pesan Tiket Kereta Api Bisa Lewat Smartphone

Kereta Argo Bromo
Sumber :
  • semboyan35.com

VIVAnews - PT Kereta Api membuka layanan pembelian tiket melalui smartphone. Dengan sistem ini calon penumpang tidak perlu lagi mengantre di loket pembelian tiket di stasiun kereta api.

Layanan bernama Paditrain ini bisa digunakan oleh seluruh pengguna kereta api non komuter di Indonesia. Dalam aplikasi yang ditanam di smartphone (BlackBerry dan Android) ini, pengguna kereta bisa melihat jadwal perjalanan, harga tiket, hingga memilih tempat duduk.

Sementara pembayarannya bisa langsung melalui handphone, internet banking, mobile banking dan ATM dari 60 bank di seluruh Indonesia, serta kartu kredit.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

"Aplikasi canggih ini adalah 100 persen produk Indonesia dan pertama di dunia dengan kemudahan dan kemampuan selengkap ini," kata Direktur Paditrain, Budi Santoso Asmadi dalam  grand launching Paditrain di kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu 10 April 2013.

Dijelaskan dia, penumpang kereta api saat ini sudah lebih dari 10.000 orang, sehingga penting untuk memberikan terobosan dalam reservasi tiket. Sistem pemesanan tiket dengan aplikasi ini baru ada di empat negara yaitu China, Inggris, Amerika dan Indonesia.

"Ini yang pertama di Asia Tenggara, dan kedua di Asia. Aplikasi pemesanan tiket ini baru bisa untuk tiket kereta non komuter atau kereta jarak jauh," kata Budi.

Direktur Pemasaran PT KA Sulistyo Wimbo Hardjito menambahkan, selain memesan tiket dengan menggunakan aplikasi Paditrain, penumpang juga bisa memilih bangku secara langsung.

"Sebelumnya kami buat call center 112, kemudian melalui internet dan sekarang dengan aplikasi khusus Paditrain. Jadi calon penumpang bisa pesan tiket sambil tiduran," katanya.

Adapun cara menggunakan aplikasi ini yakni dengan mengunduh aplikasinya terlebih dahulu melalui google play bagi yang menggunakan Android dan bagi pengguna BlackBerry bisa melalui Application World.

Calon penumpang juga bisa membuka website www.paditrain.com. "Pemesanan tiket bisa dilakukan selama 90 hari sebelum hari pemberangkatan," ucap Wimbo.

Dia melanjutkan, aplikasi ini tentunya akan sangat membantu mengingat pada bulan Mei mendatang sudah masuk tiga bulan sebelum lebaran di mana pemesanan tiket akan sangat banyak.

Selain memberikan pelayanan reservasi tiket, Paditrain juga memberikan fasilitas tambahan berupa perlindungan asuransi jiwa sebesar Rp50 juta bagi penumpang yang meninggal dunia bila terjadi kecelakaan. "Reservasi tiket bisa dilakukan selama 24 jam." (umi)

Persib Bandung vs Bhayangkara FC

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Persib Bandung berbagi poin dengan Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024