METRO

Picu Macet Parah, Contra Flow Cawang-Ramangun Dihentikan

Macet terjadi pada jalur sebaliknya, yakni Tanjung Priok-Cawang.

ddd
Senin, 8 April 2013, 22:06
Uji coba penggunaan skema contra flow di ruas Cawang-Ramangun dihentikan.
Uji coba penggunaan skema contra flow di ruas Cawang-Ramangun dihentikan. (ANTARA/ Wahyu Putro A)
VIVAnews - PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) menghentikan uji coba penggunaan skema contra flow di ruas Tol Cawang-Ramangun, Jakarta. Sebab skema tersebut justru menimbulkan kemacetan luar biasa pada jalur sebaliknya, yaitu lajur dari Tanjung Priok-Cawang.

"Hasil evaluasi menunjukan, contra flow dihentikan uji cobanya dari rencana tiga hari, mulai tadi pagi  pukul 08.10 WIB atau hari kedua uji coba," kata Manajer Divisi Pemeliharaan dan Pelayanan PT CMNP Tbk, R. Bagus Medi Suarso dalam siaran pers yang diterima VIVAnews, di Jakarta, Senin, 8 April 2013.

Bagus menambahkan, pada uji coba hari ini kemacetan yang ditimbulkan pada jalur Priok - Cawang mencapai 11 kilometer. Sedangkan pada uji coba hari pertama, atau Jumat, 5 April 2013 lalu, kemacetan mencapai sembilan kilometer. 

Pada hari pertama, uji coba dihentikan mulai pukul 08.30 WIB karena arus dari Priok sudah mulai padat. Pada percobaan hari ini,  pintu awal masuk contra flow digeser dari Km 00+200 menjadi Km 01+200 sesuai saran Polda Metro Jaya.

Bagus menambahkan dengan menggunakan skema ini memang membuat  arus lalu lintas Cawang-Ramangun-Priok, khususnya dari Jagorawi lancar. Namun, tidak di arah sebaliknya. Jika diteruskan, ujar Bagus, nantinya malah akan merugikan para pengguna jalan tol dengan panjang 30 kilometer ini khususnya pada jalur Priok-Cawang.

"Dengan demikian, contra flow ini terpaksa dihentikan karena fakta di lapangan saat uji coba memang tidak sesuai dengan harapan," katanya. (adi)




© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id