Takut Diamuk Massa, Maling Motor Panjat Pohon Kelapa

Maling sepeda motor memanjat pohon kelapa
Sumber :
  • VIVAnews/ Erik Hamzah
VIVAnews
Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024
- Takut menjadi sasaran amuk massa dari ribuan warga yang kesal, seorang pencuri sepeda motor, Saman bin Kosim, 25 tahun, nekat memanjat pohon kelapa setinggi 10 meter.  Peristiwa itu terjadi  di Kampung Tambelang RT 09/RW 05, Desa Sukarapih, Kecamatan Tambelang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu 3 April 2013.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Saman yang merupakan warga Pakis, Batu Jaya, Karawang, Jawa Barat, naik ke atas pohon untuk menyelamatkan diri sejak pukul 05.30 WIB.
5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?


Peristiwa itu bermula, saat korban Hartini baru saja pulang dari pasar bersama suaminya Maman. Motor Honda Vario miliknya bernomor polisi B 1370 FCE  diparkir di depan rumah. Korban memergoki pelaku tengah berusaha menghidupkan mesin motor miliknya dengan kunci letter T.


Korban langsung menghampiri pelaku dan berusaha mempertahankan motornya. Sempat terjadi aksi saling tarik-menarik. Pelaku langsung melarikan diri tanpa membawa barang curiannya, setelah korban berteriak minta tolong.


Kontan warga yang mendengar teriakan itu, langsung mengejar pelaku yang melarikan diri karena ketakutan. Akibat terdesak setelah dikepung ratusan warga, pelaku akhirnya memutuskan naik ke pohon kelapa.


"Ada teriakan maling, pas saya keluar rumah melihat ada banyak warga yang mengejar pelaku pencurian sepeda motor. Mungkin karena ketakutan, dia akhirnya manjat pohon kelapa," kata Oman, warga sekitar.


Pelaku bergeming di atas pohon kelapa, walaupun warga mengancam akan menebang pohon kelapa tersebut. Sejumlah warga yang kesal, berkali-kali melempari pelaku dengan batu agar mau turun.


Setelah hampir tiga jam berada di atas pohon kelapa, pelaku akhirnya bersedia turun sekitar pukul 08.25 WIB. Pelaku turun setelah dibujuk petugas polisi, yang berjanji akan melindungi dari amukan massa.


Pelaku langsung dibawa ke Polresta Bekasi Kabupaten menggunakan mobil patroli untuk menjalani pemeriksaan. Saat dibawa di sejumlah tubuh pelaku terdapat luka lecet, diduga akibat lemparan batu yang dilakukan warga, serta akibat lecet saat memanjat pohon kelapa.


Kapolsek Tambelang, AKP Bowo Lesmono, mengatakan, polisi datang ke tempat kejadian setelah mendapatkan laporan adanya pencuri motor yang nekat memanjat pohon kelapa. "Kami mengantisipasi adanya aksi main hakim sendiri dari warga. Saat tiba di TKP, kami mendapati pohon kelapa sudah dikelilingi ratusan massa," katanya. Guna penyelidikan lebih lanjut, kasusnya ditangai Polsek Tambelang dan Polresta Bekasi Kabupaten. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya