Alasan KRL Ekonomi Harus Segera Dihapus

KRL Bogor-Kota
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Mulai 1 April 2013, PT Kereta Api (Persero) menyetop pengoperasian KRL Ekonomi lintas Serpong dan Bekasi. Untuk mengisi kekosongan jadwal maka perjalanan Commuter Line akan ditingkatkan dengan penambahan dua rangkaian lintas Bekasi dan dua untuk Serpong.

Direktur Utama PT Kereta Api Commuter Jabodetabek, Tri Handoyo, mengatakan keputusan penghapusan KRL Ekonomi diambil untuk meningkatkan pelayanan. Menurut dia, kondisi KRL yang sudah tidak layak sangat berbahaya dan berisiko tinggi pada keselamatan dan keamanan penumpang.

Banyaknya gangguan yang terjadi pada kereta ekonomi juga kerap mengganggu perjalanan KRL secara keseluruhan. "Penarikan KRL non AC tersebut juga dilakukan untuk meminimalisir gangguan perjalanan KRL," ucap Tri dalam keterangannya kepada VIVAnews, Selasa 26 Maret 2013.

Kondisi Mayat Perempuan Dalam Koper di Cikarang Bekasi: Kepala Remuk Bibir Pecah

Berdasarkan catatan, sepanjang tahun 2012 terjadi 1.228 pembatalan perjalanan KRL Ekonomi karena rangkaian rusak. Hal tersebut berdampak pada 4.217 perjalanan KRL yang turut mengalami gangguan.

PT KA Daop 1 dan pusat perawatan KRL BalaiYasa Manggarai mengalami kesulitan untuk melakukan perbaikan karena suku cadang kereta tersebut sudah tidak tersedia. (eh)

Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi

Tingkatkan Angkatan Kerja yang Kompeten, Kemnaker Komitmen Hadirkan Pelatihan Vokasi Berkualitas

Kemnaker terus berkomitmen untuk menghadirkan pelatihan vokasi yang berkualitas. Tujuannya agar pelatihan vokasi dapat menjadikan angkatan kerja berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024