Hasil Mediasi Mandek, Massa Ancam Blokir Kereta Lagi Jumat

Warga duduki Stasiun Bekasi
Sumber :
  • VIVAnews/Arie

VIVAnews - Forum Aliansi Rakyat Bersatu Pengguna Kereta Ekonomi dan KRL Commuter Line Indonesia Bersatu, mengancam akan melakukan aksi besar-besaran di Stasiun Bekasi, pada Jumat, 29 Maret 2013 mendatang.

Ancaman itu akan dilaksanakan bila hingga akhir bulan Maret ini, PT KAI Daops 1 Jakarta, tidak melaksanakan kesepakatan dalam mediasi yang sudah ditandatangani Kepala Stasiun Bekasi Hariyanto.

"Kalau sampai akhir bulan belum ada keputusan, dan tanggal 1 April mereka melaksanakan kebijakan baru. Maka kita akan melakukan aksi lebih besar," ujar Leonardus, perwakilan forum pengguna kereta, Senin, 25 Maret 2013.

"Kita akan kerahkan massa dari Jabodetabek untuk datang ke Stasiun Bekasi. Jangan salahkan kita," katanya.

Tuntutan para penumpang dalam Forum Aliansi Rakyat Bersatu Pengguna Kereta Ekonomi dan KRL Commuter Line Indonesia Bersatu, di antaranya pertama, menolak penghapusan kereta ekonomi dengan jadwal yang pasti yakni pukul 05.40, 06.45, 07.40 dan 08.10 WIB.

Kedua, kereta ekonomi lokal berhenti di tiap stasiun. Ketiga, jadwal kereta kembali seperti semula. Keempat, harga tiket Commuter Line kembali seperti semua Rp3.500.

Bantu Israel Tahan Serangan Teheran, Menlu Iran Temui Menlu Yordania

Kelima, anak sekolah membeli tiket setengah harga. Keenam, setiap kenaikan harga tiket harus dikomunikasikan dengan pengguna di Jabodetabek secara demokratis.

"Aspirasinya kita tampung, dan akan disampaikan ke PT KAI pusat," kata Agus Sutijono, Kahumas PT KAI Daops 1 Jakarta.

Agus tidak bisa menjawab bila hingga tanggal 29 Maret, belum ada keputusan perihal kebijakan yang akan dimulai per 1 April 2013. "Langkahnya tunggu saja. Kalau nanti ada demo lagi, ada polisi yang mengantisipasi pengamanan," ujarnya.

Terkait aksi blokir jalur kereta di Stasiun Bekasi, yang terjadi sejak pukul 06.40 WIB hingga pukul 10.17 WIB Senin pagi tadi, Agus belum tahu secara pasti jumlah kerugian yang di derita PT KAI.

"Kerugiannya belum ketahuan, yang pasti waktu pemberangkatan kereta jadi mundur," katanya.

Menurut Agus, akibat aksi tersebut ada 5 kereta jarak jauh, terhenti selama satu jam lebih di Stasiun Bekasi. "Commuter Line, hanya sampai Kranji enggak bisa ke Bekasi," ujarnya. (umi)

Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Masa Penahanan Harvey Moeis Diperpanjang, Kejagung Ungkap Alasannya

Adapun masa penahanan Harvey Moeis diperpanjang selama 40 hari ke depan mulai 16 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024