Jokowi Canangkan Pasar Bebas Bahan Kimia

Jokowi Berkunjung ke Pasar Tradisional
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024
- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Badan Pengawas Obat dan Makanan tengah mencanangkan pasar yang aman dari bahan kimia. "Kami akan membuat contohnya, mungkin 5 pasar," kata Gubernur DKI, Joko Widodo, saat kunjungan kerja di Pasar Perumnas Klender, Jakarta Timur, Rabu 20 Maret 2013.

Nasib Tragis Kucing Okin: Dikabarkan Mati, Rachel Vennya Ungkap Fakta Mengejutkan!

Menurut Jokowi, nantinya pembeli akan merasa benar-benar nyaman ketika belanja di pasar tradisional itu karena seluruh makanannya bebas dari bahan kimia berbahaya.
Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran


Guna mendukung program itu, Pemprov dan Badan POM akan menyedikan laboratorium keliling di sejumlah pasar di Jakarta. Sehingga nanti, seluruh makanan bisa langsung dites di pasar itu. "Ini termasuk jamu, apakah menggunakan bahan-bahan berbahaya atau tidak. Juga ikan dan tahu, kami cek," katanya.


Hasil pengujian itu, kata Jokowi, nanti akan diumumkan kepada publik, sehingga masyarakat yang belanja di pasar itu tak perlu ragu lagi.


Usai meninjau Pasar Klender, Jokowi pindah ke Pasar Poncol, Senen, Jakarta Pusat. Pasar ini masuk program Jokowi untuk direvitalisasi agar menjadi lebih rapi.


Tiba di Pasar Poncol, sekitar pukul 10.30, Jokowi langsung meninjau beberapa kios di pasar yang terkenal dengan copetnya itu.


Jokowi mulai menelusuri dari blok pasar perkakas, lalu pasar pakaian, dan yang terakhir di pasar kaget yang menjual sayuran dan buah-buahan. Di pasar itu ia menyempatkan beli manggis. Jokowi sempat menawar buah manggis yang dijual Rp10 ribu per kg. Namun, Jokowi tetap membayar Rp50 ribu untuk 5 kg manggis itu.


Di pasar itu Jokowi berdesak-desakan dengan pedagang dan warga. Mereka antusias menyambut kedatangan Jokowi, dan bekas wali kota Solo ini menyempatkan berdialog dengan warga untuk membicarakan rencana revitaslisasi pasar.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya