METRO

Kronologi Penangkapan Kawanan Teroris Perampok Toko Emas

Tujuh terduga teroris dibekuk. Mereka kerap merampok toko emas.

ddd
Jum'at, 15 Maret 2013, 13:39
Lokasi penangkapan teroris perampok emas di Bekasi.
Lokasi penangkapan teroris perampok emas di Bekasi. (VIVAnews/Erik Hamzah)

VIVAnews – Minggu kemarin, 10 Maret 2013, terjadi perampokan di sebuah toko emas di kawasan Tambora, Jakarta Barat. Kawanan perampok itu terbilang nekat karena toko emas yang disasar berlokasi tepat di seberang kantor Polres Tambora di Jalan Tubagus. Dalam peristiwa itu, perampok menggasak emas 1,5 kg senilai Rp500 juta.

Kepolisian yang memburu kawanan perampok itu dalam proses pengembangan kasus mendapati sejumlah fakta di luar dugaan. Salah satunya, perampok itu diduga kuat terkait jaringan teroris.

Pagi tadi, Jumat 15 Maret 2013 pukul 06.00 WIB, Mabes Polri pun menangkap 7 orang terduga teroris di empat lokasi berbeda yang berada di wilayah Jakarta dan Bekasi.

Kepala Bidang Penerangan Umum Mabes Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar, mengatakan dua orang terduga teroris, M dan H, ditangkap di Teluk Gong, Jakarta Utara. H ditangkap dalam kondisi hidup, sedangkan M tewas karena berupaya melawan.

Lima terduga teroris lainnya – A, S, T, K, P – ditangkap di Mustikasari, Kecamatan Mustika Jaya, Bekasi. S, T, dan K ditangkap dalam kondisi hidup, sementara A dan P tewas.

“Sempat baku-tembak. Ada perlawanan (dari terduga teroris) terhadap petugas kami,” kata Boy. Dengan demikian, total dari 7 teroris kawanan perampok yang ditangkap, 4 dalam kondisi hidup sedangkan 3 tewas karena berusaha melawan petugas polisi.

Dari tempat kejadian perkara (TKP), polisi mengamankan 5 senjata api rakitan jenis scorpion, 14 bom jenis pipa siap ledak, 34 butir peluru kaliber 9 milimeter, 2 sepeda motor, dan emas 2,5 kg. Dari 14 bom yang ditemukan, 1 diledakkan di lokasi sedangkan 13 lainnya dibawa ke laboratorium.

Keempat belas bom yang ditemukan di lokasi kejadian memiliki karakter serupa dengan bom-bom lain yang sebelumnya ditemukan di sejumlah lokasi penangkapan teroris, misalnya di Beji, Depok. (umi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id