Jokowi Bangun Kawasan Industri di Rusun Marunda

Jokowi Tinjau Rusun Tanah Tinggi
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo berencana menjadikan wilayah sekitar rumah susun Marunda sebagai kawasan industri. Menurutnya, pembangunan itu dilakukan agar semua warga di rumah susun bisa mempunyai pekerjaan.
Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui

"Nantinya di sini akan dijadikan kawasan industri yang menyerap 20 ribu tenaga kerja selain yang sekarang ini. Warga di rusun Marunda ini nantinya akan bekerja semua. Kurang apa lagi. Yang penting harus rajin," ujar Jokowi di hadapan warga rumah susun Marunda, Jakarta Utara, Rabu 6 Maret 2013.
5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

Mantan Walikota Solo ini menuturkan setelah warga penghuni rusun diberikan banyak fasilitas, terutama pengadaan transportasi air dari Muara Baru ke Marunda, peminat rumah susun Marunda menjadi sangat banyak, bahkan mencapai hingga 2 ribu orang.
Joe Biden Gelontorkan Dana Fantastis Perbaiki Jembatan Baltimore

"Waktu dulu banjir teriak-teriak tidak mau pindah. Ketika di sini disiapkan rumahnya, diberi televisi, kulkas, sekarang peminatnya lebih dari 2 ribu orang, tapi ada 500 orang lagi yang belum kebagian," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga memberikan arahan serta motivasi kepada warga rumah susun Marunda pindahan dari Muara Baru yang akan bekerja di Kawasan Berikat Nusantara yang terdiri dari berbagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ia menekankan kepada warga yang akan bekerja di KBN harus memiliki semangat yang tinggi dan harus rajin. "Bekerja di KBN harus disiplin. Kalau masuk jam 8, seharusnya sebelum jam 8 sudah datang. Kalau tidak disiplin, pecat saja," tuturnya. 

Sebelumnya, Jokowi mengatakan ada beberapa fasilitas yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bagi warga yang berniat menghuni rusun. Kemudahan fasilitas itu di antaranya, fasilitas transportasi gratis dari Muara Baru ke Marunda. Khusus untuk warga rusun Marunda karena sebagian besar warga sekitar waduk Pluit yang direlokasi ke rusun Marunda bekerja di pelelangan ikan Muara Baru dan sebagai nelayan.

Fasilitas lainnya yaitu, warga rusun akan mendapatkan perabotan rumah tangga yang siap pakai serta sewa gratis rusun selama tiga bulan dan akan mendapatkan makan tiga kali sehari.

Tetapi disampaikan Jokowi, fasilitas makan dan transportasi gratis tidak akan selamanya diberikan. Apabila warga dirasa sudah mampu, subsidi tersebut akan dihentikan. (eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya