Kronologi Penolakan RS Hingga Bayi Dera Meninggal

Keluarga menangisi kematian bayi Dera
Sumber :
  • tvOne
VIVAnews
Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or
- Dera Nur Anggraini, bayi yang ditolak delapan rumah sakit di Jakarta karena alasan penuh akhirnya meninggal dunia, Sabtu, 16 Febuari 2013 lalu. Sang ayah, Eliyas Setya Nugroho, menjelaskan Dera lahir bersama kembarannya di RS Zahirah, Jagakarsa dengan cara operasi pada 11 Februari 2013. Tapi sayang Dera dinyatakan memiliki kelainan.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?

Karena kondisinya terus menurun, akhirnya ia membawa bayi prematur itu ke rumah sakit. Eliyas mengatakan, sewaktu hamil, istrinya Lisa Derawati tidak memiliki kelainan. Tapi sang ibu dapat rujukan dari bidan di RS Pasar Minggu, karena kondisi mata sang ibu yang minus 7.
Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi


Eliyas lalu membawa Dera ke RSCM, tapi ditolak dengan alasan penuh. Lalu ia ke RS Harapan Kita di Slipi. Tapi lagi-lagi ditolak dengan alasan penuh.


"Lalu kami RS Harapan Bunda Pasar Rebo. Di sana saya diminta DP. Minimal punya uang Rp10 juta. Katanya kalau mau dirawat inap harus DP dulu," kata Eliyas saat ditemui di rumahnya, Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin 18 Februari 2013.


Tidak putus asa, dia mendatangi RS Asri di Duren Tiga, dan RS Tria Dipa. Menurut Eliyas, sebenarnya Tria Dipa memiliki kamar kosong tapi untuk ICU tidak ada. Eliyas kemudian ke RS Budi Asih Cawang dan terakhir ke RS Pertamina.


Eliyas menjelaskan, ada berbagai macam alasan yang diberikan rumah sakit untuk menolak dirinya. Mulai dari penuh, tidak ada bidan, hingga tidak ada Kartu Jakarta Sehat.


"Hampir sepuluh rumah sakit menolak, RS Fatmawati, Cipto, Harapan Kita, Pasar Rebo, Salemba Corolous, Triadipa, Asri, Budi Asih, dan Pertamina. Ya sudah kami nyerah dengan keluarga," ucapnya. Saat ini istrinya masih dirawat di rumah sakit. Sementara bayi Dera sudah dimakamkan, dan kembarannya dirujuk ke RS Tarakan. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya