Syarat Agar Transportasi Air Bisa Melaju di KBT

Jalur sepeda di Kanal Banjir Timur, Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Kepala Dinas Perhubungan Jakarta, Udar Pristono, mengatakan instansinya belum bisa membangun transportasi air di sepanjang Kanal Banjir Timur yang melintas dari Duren Sawit hingga Marunda selama debit air masih rendah.

"Kalau musim kering jadi tanah, musim hujan jadi lautan. Kalau KBT beres, saya bisa tarik dari Cipinang Muara sampai ke Duren Sawit kemudian Marunda," ujar Pristono di Balai Kota, Kamis, 6 Februari 2013.

Idealnya, kata dia, KBT bisa dilintasi 'waterway' bila ketinggian air mencapai dua meter.

Dia menjelaskan bahwa konstruksi jembatan di atas KBT tidak akan mengganggu lintasan transportasi air jika dioperasikan kelak. Asalkan memenuhi beberapa syarat.

"Kalau kapalnya dibikin pendek maka jembatannya tidak akan ganggu, kecuali kalau kapalnya bertingkat, akan mentok. Kemudian kalau airnya terlalu tinggi, maka level airnya harus dijaga," katanya.

Direktur Eksekutif Institut Studi Transportasi Darmaningtyas, mengatakan ada beberapa hal yang harus disiapkan oleh Pemprov DKI untuk menjalankan trasnportasi air di KBT agar tidak gagal seperti waterway Halimun–Dukuh Atas pada 2007 lalu.

Persiapan itu antara lain menjaga kestabilan debit air kali yang dipakai untuk moda angkutan air, pengerukan sedimentasi kali, dan penataan sepanjang kawasan sempadan kali.

Menurut dia memang sudah saatnya paradigma pengembangan jalan berubah. Saat ini sulit jika hanya mengandalkan pengembangan angkutan jalan. "Saatnya kembali melihat sungai sebagai potensi yang dapat dimanfaatkan," ucap dia. (eh)

Anindya Bakrie Praises PP PBSI for Indonesian Success in All England
Pemain Manchester United, Amad Diallo Mendapatkan Kartu Merah

Berita Man Utd: Erik ten Hag Akui Situasi Bermasalah hingga Kekhawatiran Wright Soal Kobbie Mainoo

Man Utd masih dalam suasana positif setelah kemenangan dramatis mereka atas Liverpool di babak perempat final Piala FA. Ten Hag mengakui bahwa situasi bermasalah.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024