SBY Siapkan Anggaran Penanganan Banjir Jakarta

Presiden SBY tinjau lokasi banjir di Jatinegara
Sumber :
  • Foto: Abror Rizki fotografer sekretariat presiden

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta seluruh jajaran pemerintahan terkait untuk memprioritaskan penuntasan masalah banjir Jakarta.

Instruksi presiden ini termasuk dalam hal mendukung anggaran yang dibutuhkan dalam membuat sodetan di Banjir Kanal Barat dan normalisasi kali Ciliwung.

"Kementerian Keuangan sudah menyatakan siap untuk membantu mengenai alokasi anggaran atau dana bagi lancarnya program proyek yang harus dilaksanakan sebagaimana arahan presiden," kata Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin 21 Januari 2013.

Mengenai prosedur pembagian alokasi anggaran program tersebut nanti akan dibuat tahapannya. Dalam APBN sendiri terdapat pos anggaran antisipasi bencana.

"Secara persis nanti dari Menteri Keuangan yang bisa menjelaskan dari mana sumber dananya. Tapi tentu kan ini koordinasi, disamping dengan pihak DPR RI, pemerintah pusat juga koordinasi dengan pemprov DKI," ujarnya.

Julian mengatakan, Presiden SBY telah mengingatkan bahwa berapa pun dana yang dibutuhkan untuk memperbaiki infrastruktur, tanpa ada kerjasama dan dukungan seluruh masyarakat maka itu tidak bisa menjamin masalah banjir ibukota bisa dituntaskan.

"Karena dari beberapa laporan yang masuk ternyata sistem drainase di kota ini tidak berfungsi wajar karena tersumbat sampah. Hal ini mengakibatkan sistem kurang bekerja," ungkapnya. (umi)

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne
Nassar

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Rekan-rekan artis Nassar ikut merasa berduka, salah satunya adalah Inul Daratista.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024