SBY: Sodetan Ciliwung-Kanal Banjir Timur Selesai 2014

Tanggul Kali Ciliwung di Jalan Jatinegara Barat terancam jebol
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyetujui usulan Kementerian Pekerjaan Umum membangun sodetan atau terusan menghubungkan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur. Presiden memastikan, proyek raksasa ini selesai pertengahan 2014 nanti.

"Setelah kita kalkulasikan, anggaran tersedia dan skala prioritas. Untuk tahun ini yang mendesak adalah membuat terusan atau sodetan Kali Ciliwung ke arah Kanal Banjir Timur," kata Presiden dalam jumpa pers usai rapat penanggulangan banjir Jakarta di Jakarta, Minggu 20 Januari 2013.

Presiden menyatakan, data banjir tahun ini memperlihatkan, ketika Kali Ciliwung meluap, debit air Kanal Banjir Timur masih normal. "Relatif tidak terisi," kata Presiden. "Ini tentu tidak menguntungkan."

Karena itu, Presiden setuju, sodetan Kali Ciliwung menjadi  prioritas tahun ini. Anggaran Rp500 miliar disiapkan. "Ini akan selesai medio 2014, bisa kita mulai segera tahun ini," katanya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menjelaskan, sodetan ini dirancang berupa pipa bawah tanah yang melintasi bawah tanah. Dalam rancangan PU, jalur ini melewati permukaan bawah Jalan Sensus dan Jalan Otto Iskandar Dinata III di Jakarta Timur. "Panjangnya 2,1 kilometer," kata Djoko.

Namun, Djoko menambahkan, pembangunan sodetan ini bisa memunculkan gangguan lalu lintas luar biasa selama proses konstruksi yang diperkirakan selama dua tahun. Untuk itu, Djoko meminta Presiden memberi tahu Kepala Kepolisian untuk berkoordinasi mengenai pengaturan lalu lintas. "Kami juga sedang cari teknologi yang bisa atasi gangguan itu," kata Djoko.

Yang Bikin Shin Tae-yong Terusik saat Indonesia Kalahkan Korea Selatan
Isi koper bule Polandia yang diduga hilang sebagian - Foto: Tangkapan Layar Instagram

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan seorang Warga Negara Asing atau WNA kehilangan barang dalam bagasi penerbangan tujuan Bali. Dia perlihatkan isi kopernya

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024