Banjir, KRL Belum Bisa Beroperasi Normal

Perbaikan Tanggul Banjir Kanal Barat (BKB) Latuharhari
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Perjalanan kereta listrik yang melintasi Stasiun Sudirman dan Manggarai lumpuh total. Hal tersebut terjadi lantaran tanggul di Banjir Kanal Barat jebol hingga membuat batu-batuan penopang rel kereta di KM 3 2/3 hanyut tergerus luapan air.

Mengenai kapan perjalanan kereta kembali beroperasi dengan normal, Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 1, Mateta Rizalulhaq, menyatakan masih menunggu selesainya pengerjaan tanggul di lokasi kejadian.

"Tanggulnya selesai, baru kami bisa kerjakan dan selesaikan jalur kereta apinya," kata Mateta kepada VIVAnews, di lokasi tanggul jebol di Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat 18 Januari 2013.

Untuk membantu jalannya pengerjaan, tambah Mateta, PT KAI menyiapkan karung-karung yang diisi batu, untuk membuat pondasi bahkan tanggul.

"Kalau untuk jalur kereta api, dua hari sebenarnya sudah selesai. Tapi itu kalau tanggulnya selesai dan langsung dikerjakan," ucap Mateta.

Adapun efek dari peristiwa tanggul jebol, perjalanan kereta dibatasi. Tidak hanya antara perjalanan Sudirman dan Manggarai, gangguan akibat banjir ini juga terjadi di beberapa stasiun di Jakarta, seperti Stasiun Jakarta Kota tidak masuk kereta dari Tanah Abang dan Sudirman.

Untuk jalur-jalur yang disebutkan itu, secara keseluruhan mati total, akibatnya perjalanan akan diberhentikan sampai stasiun Manggarai, baik kereta dari arah Bogor ataupun Bekasi, sementara dari Serpong hanya sampai stasiun Palmerah. "Sisanya, penumpang harus menggunakan transportasi lain," kata Mateta.

Mulai hari ini, kereta api-kereta api dari dan menuju daerah Pulau Jawa lainnya harus berenti di stasiun Jatinegara. Karena di stasiun Senen jalurnya mengalami hambatan. "Jika dipaksakan akan menambah kemacetan. Semua penumpang sebenarnya  masih bisa naik di Stasiun Senen, cuma kalau ada yang naik dari Jatinegara boleh," kata Mateta.

Hubungan Masyarakat Kereta Commuter Jakarta, Eva Chairunnisa, menyatakan akibat gangguan perjalanan KRL terjadi penurunan volume sekitar 55,5 persen. Commuter Lintas Tangerang semua jadwal dibatalkan sebagai akibat dampak banjir di wilayah Bojong Indah.

Lintas loopline juga tidak ada menyusul terjadinya kerusakan di tanggul Kanal Banjir Barat. Kemudian KRL feeder Jakarta Kota - Kampung Bandan juga dibatalkan sebagai dampak banjir di Kampung Bandan.

Jordi Onsu Mengaku Sering Minta Maaf dan Mengalah ke Ruben Onsu
Pihak penyidik Polres Metro Jakarta Utara menetapkan AT, pembunuh wanita hamil bersimbah darah di Kelapa Gading, Jakarta Utara, jadi tersangka dan terancam hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Pembunuh Wanita Hamil di Kelapa Gading Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara

Penyidik Polres Metro Jakarta Utara menetapkan AT, pembunuh wanita hamil bersimbah darah di Kelapa Gading, Jakarta Utara, menjadi tersangka. Atas perbuatannya, pelaku AT

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024