Lebih dari 20 Toko di Jalan Otista Terendam Banjir

Banjir Kampung Melayu, Casablanca-Pondok Bambu Lumpuh
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Hujan lebat sejak dini hari membuat sejumlah toko aksesori dan bengkel sepeda motor di Jalan Otto Iskandardinata tutup, Kamis, 17 Januari 2013. Pantauan VIVAnews, lebih dari 20 toko yang berderet sepanjang jalan tersebut sudah terendam banjir.

Toni, salah satu pemilik toko aksesori yang terpaksa tutup memperkirakan dia rugi besar akibat banjir kali ini. "Pasti rugi, tapi enggak tahu jumlahnya berapa," kata Toni kepada VIVAnews di Jalan Otto Iskandardinata, Jakarta Timur.

Belum diketahui kapan toko-toko aksesori ini akan kembali buka. Namun tutupnya sejumlah toko tersebut ternyata sudah diantisipasi oleh sejumlah pemilik.

Toni sendiri mengaku sudah mengepak dan mengevakuasi barang dagangannya sejak tadi malam ke lantai dua tokonya serta beberapa diantaranya diangkut menggunakan truk dan mobil pribadi.

"Karena banyak berita dan banjir tahunan, kami sudah pindahin barang-barang sejak semalam," ungkap Toni.

Akibat banjir tersebut, jalan dari arah Kampung Melayu menuju Cawang terputus. Para warga sekitar memberi peringatan dan petunjuk jalur alternatif.

Terowongan Cawang Banjir

Sementara itu, air juga menggenangi kawasan Cawang setinggi hampir 50 sentimeter. Hal ini tak ayal membuat lalulintas yang melalui jalan arteri lumpuh.

Dari arah Bekasi terjadi kemacetan hingga puluhan kilometer di sepanjang jalur Kalimalang. Baik mobil atau motor sama-sama tidak bisa bergerak.

Sementara itu dari arah Cililitan menuju Kebon Nanas juga terjadi kemacetan parah akibat banjir di Cawang ini begitu pula sebaliknya.

Kendaraan dari arah Bekasi harus memutar untuk bisa mencapai Cawang, masuk ke  kompleks militer TNI AU dan melewati flyover Cawang ke arah Kuningan.

Bea Cukai Langsa Aceh Sita Onderdil Harley Davidson

Banjir juga melanda Utan Kayu, Jakarta Timur. Pantauan VIVAnews, banjir menggenangi wilayah Jalan Balai Rakyat, di utara kantor Radio 68 H Jakarta.

Di pemukiman, banjir sampai setinggi paha orang dewasa. Namun, di Jalan Utan Kayu, banjir hanya setinggi mata kaki. Meski demikian, banjir ini pun menimbulkan kemacetan.

Kata Pelatih PSS Soal Drama 3 Penalti dan Kartu Merah Saat Lawan Persik

Selain itu, aktivitas di Kampus Universitas Islam Jakarta (UIJ) dan sekolah yang ada di sekitar Jalan Balai Rakyat juga terganggu karena tergenang banjir. Meski demikian, aktivitas sekolah tetap berjalan.

Presiden Jokowi tinjau jalan rusak di Lampung naik mobil Indonesia 1

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo dan Gibran bakal berdinas di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Apakah pakai mobil dinas listrik nantinya

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024