Banjir Meluas, Otista dan Cawang Sudah Lumpuh

Banjir Kampung Melayu, Casablanca-Pondok Bambu Lumpuh
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Hampir seluruh ruas jalan di Jakarta tergenang banjir pada pagi hari ini. Hujan yang turun sejak semalam, membuat genangan air di sejumlah kawasan di Jakarta Timur terus naik. Kemacetan akibat jalan direndam banjir juga meluas.

Dari pantauan VIVAnews, di kawasan Jalan DI Panjaitan depan Kodam Jaya arah Cawang ada genangan air setinggi 70 sentimeter dan dipastikan sudah tidak dapat dilintasi kendaraan.

Sementara itu, di Jalan Otto Iskandardinata, Kampung Melayu menuju Cawang, direndam banjir dengan ketinggian air mencapai dada orang dewasa.

Meski tidak ada petugas, warga yang berada di wilayah itu dengan sukarela memperingatkan pengendara, terlebih sepeda motor yang akan melintas untuk mencari jalan alternatif lain. Warga memblokir jalan, karena jalan sudah tidak dapat dilalui.

"Banjirnya tinggi sampai dada, kalo ke sana pasti kerendem," kata Uyung kepada VIVAnews Kamis, 17 Januari 2013.

Tidak hanya Jalan Otto Iskandardinata, dari arah Kampung Melayu hingga perempatan Matraman dan sebaliknya, juga digenangi air setinggi hampir satu meter. Banyak sepeda motor mogok karena pengendaranya memaksakan diri untuk melintasi kawasan ini.

Ari adalah salah satunya. Warga Condet, Jakarta Timur ini terpaksa mendorong sembari terus menghentak gas sepeda motornya yang mati terendam banjir.

"Tadi sedikit kerendem, sudah sempat jalan tapi langsung mati lagi," kata Ari yang sedang menuju kantornya di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.
 
Di Jakarta Timur, air bah juga merendam area di depan Mal Kelapa Gading dan memacetkan arus lalu lintas. Kondisi yang sama juga terlihat di kawasan ITC Cempaka Mas yang menuju Pulo Gadung.

Genangan banjir dengan ketinggian hampir satu meter juga menenggelamkan Jalan Kayu Putih ke arah Kelapa Gading sehingga tidak bisa dilintasi kendaraan.

Di kawasan Jakarta Selatan, banjir sudah menggenangi kawasan Rasuna Said sejak pagi. Banjir dengan ketinggian 80-100 cm terlihat di dekat Setiabudi Building. Kondisi yang tidak jauh berbeda juga tampak di depan gedung KPK. Genangan banjir setinggi 50 cm.

Di kawasan Semanggi arah Pancoran kemacetan parah terjadi karena imbas genangan air di depan Depnaker setinggi 40 cm. Banjir juga menutup jalur lambat di depan kampus Atmajaya di Jalan Sudirman dan sementara ini sudah tidak bisa dilintasi kendaraan. 

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia
YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

YouTube meluncurkan sebuah serial dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini” yang menyoroti lima kreator YouTube dari latar belakang yang berbeda-beda.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024