Bogor Masih Diguyur Hujan, Katulampa Siaga IV

Bendungan Katulampa bogor
Sumber :
  • ANTARA/Jafkhairi

VIVAnews - Sejumlah wilayah Bogor, Jawa Barat masih diguyur hujan, Rabu 16 Januari 2013. Di musim penghujan seperti saat ini, warga Jakarta sangat memantau cuaca di Bogor karena air hujan tersebut mengalir hingga Jakarta dan seringkali menimbulkan banjir atau yang biasa disebut banjir kiriman.

Meski sejumlah wilayah Bogor diguyur hujan, tapi ketinggian di Bendungan Katulampa tidak mengkhawatirkan seperti yang terjadi Selasa 15 Januari kemarin. "Ketinggian air hanya 70 centimeter. Siaga IV," kata Andi Sudirman, penjaga pintu air bendungan tersebut.

Penjaga, imbuhnya, terus memantau ketinggian air di Katulampa dan melaporkan ke pusat. Meski ketinggian air di Katulampa tidak setinggi kemarin, Andi mengimbau warga Jakarta yang dilalui Sungai Ciliwung tetap waspada dan berhati-hati. "Kondisi hujan di Bogor kemungkinan akan menaikkan ketinggian air di Katulampa," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, ketinggian air di Katulampa sangat fluktuatif dan cepat berubah. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mencontohkan kondisi Katulampa Selasa pagi, 15 Januari 2013, Katulampa sempat berstatus Siaga I dengan ketinggian 210 cm. Kemudian, air lekas turun ke ketinggian 130 cm. "Cepat naik, cepat pula turun," jelasnya.

Hal ini, menurut dia, menunjukkan bahwa aliran sungai di hulu sudah rusak. Sehingga hujan sedikit saja, bisa menaikkan ketinggian air dengan cepat. Kondisi ini diperparah dengan kondisi sungai aliran Ciliwung yang dia nilai sudah kritis. "Rusak. Pemukiman muncul di sepanjang aliran Ciliwung."

Dia juga mengungkapkan hasil pantauan satelit cuaca per 16 Januari 2013. Hujan, kata dia, terjadi di Ciputat, Serpong, Parung, Cikupa, Ciawi, Cisarua. "Bahkan di Gunung Salak, hujan lebat," jelas Sutopo saat dihubungi VIVAnews.(eh)

Viral Pegawai Minimarket Ribut dengan Tukang Parkir Liar, Netizen: Premanisme Terselubung
The Perfect Strangers

Dibaca 43 Juta Kali, Cerita The Perfect Strangers Ternyata Terinspirasi dari Sopir Taksi

Dari sana lah, Yessy mengembangkan cerita dan karakter dalam untuk The Perfect Strangers yang tak disangka-sangka punya banyak sekali penggemar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024